Palapa Ring Resmi Beroperasi, Jokowi: Hentikan Fitnah via Medsos

oleh -90 Dilihat
Presiden Jokowi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pengoperasian proyek infrastruktur jaringan telekomunikasi, Palapa Ring. Jokowi mengatakan keberadaan Palapa Ring harus digunakan untuk memajukan sektor ekonomi, sosial, budaya, politik, dan pemerintahan.

“Ujaran kebencian, ndak, enggak boleh dipakai untuk ini. Ini bukan untuk hal itu, fitnah engga, untuk hoaks engga, untuk fakenews enggak. Ini yang harus dicegah,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, (14/10/2019).

Jokowi berujar, infrastruktur internet ini juga harus dipakai untuk menguatkan persatuan dan kesatuan. Ia mewanti-wanti agar jangan sampai disalahgunakan untuk menyebar kabar bohong.

Menurut Jokowi, sikap saling menjelekkan dan saling mencela di media sosial harus segera dihentikan. “Termasuk mencegah kejahatan siber dan kejahatan lainnya agar tidak semakin berkembang di negara kita,” ucapnya.

Jokowi menuturkan konektivitas digital ini bisa dipakai untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa. Mulai dari memperbaiki pendidikan dengan cara memfasilitasi lalu lintas ilmu pengetahuan yang menembus seluruh pelosok nusantara hingga menghubungkan produk UMKM ke pasar nasional dan global.

“Kalau nanti ini bisa dikoneksikan, dari daerah disambungkan ke marketplace nasional, masuk lagi ke marketplace global. Keinginan kami itu,” ujarnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menilai Palapa Ring menghadirkan keadilan bagi seluruh warga negara Indonesia. Ia berujar seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas hingga Rote memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses internet.

(SulutAktual.com / Tirza Rompas)

No More Posts Available.

No more pages to load.