Program Dan Duka Pemkab Mitra Diapresiasi Pemerintah Pusat. Patut Dijadikan Contoh Daerah Lain

0
37
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mitra Ir Elly Sangian ME

RATAHAN – Program Dana Duka yang merupakan salah satu program terobosan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), menuai pujian dari utusan pemerintah pusat yang datang menyambangi Kabupaten Mitra dalam penilaian Kabupaten Sehat tengah pekan ini. Adapun tim penilai terdiri dari utusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Dirjen Lingkungan Hidup RI.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mitra Ir Elly Sangian ME mengatakan jika pujian itu bukan dialamatkan kepada dinas yang dipimpinnya, melainkan kepada Kepala Daerah Bupati Mitra James Sumendap dan Wabup Jesaja J O Legi yang menyusun kebijakan-kebijakan program yang benar-benar pro rakyat itu. Dikatakan Sangian, pihaknya hanya bertugas untuk merealisasi bantuan atas kematian warga Mitra sebesar Rp 7 Iuta Rupiah setiap kali ada kedukaan.

“Pujian ini tentunya diberikan kepada Bupati dan Wakil Bupati Mitra, karena program Dana Duka ini merupakan kebijakan yang dibuat oleh Bupati dan Wakil Bupati Mitra,” kata Sangian, Jumat (11/10/2019)

Lanjutnya, Kami di Diadukcapil hanya melaksanakan apa yang telah diprogramkan Bupati dan Wakil Bupati, melalui visi misinya dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

Dikatakan Sangian bahwa program pemerintah dilakukan semata-mata untuk kepentingan warga. Pemkab Mitra telah berencana dan menjalankan program komplit mengakomodir kepentingan warga mulai dari kelahiran hingga kematian.

“Memang semua yang berkaitan dengan data-data, mulai dari kelahiran sampai kematian warga semua diurus di Disdukcapil. Bupati juga sudah memprogramkan, dari lahir sampai meninggal dibiayai oleh pemerintah, termasuk BPJS yang sudah ditanggung 100 persen oleh Pemkab Mitra,” sebut mantan Kepala Dinas Pertanian itu.

Program terobosan dari Pemkab Mitra, menurutnya, patut menjadi contoh bagi daerah lainnya di Sulawesi Utara bahkan di seluruh Indonesia. Munculnya kebijakan pemerintah lahir dari keberanian pimpinan daerah yang menempatkan kepentingan kesejahteraan rakyat, di atas kepentingan lainnya.

“Kemarin mereka beri apresiasi dan bilang program ini harus jadi contoh bagi daerah lain. Cuma kembali lagi, tergantung dari keberanian pimpinan daerah dalam hal ini bupatinya. Beruntung Mitra punya Bupati James Sumendap yang berani mengambil kebijakan bagi kepentingan rakyatnya,” tutupnya.

(Thety Metuak)

iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here