Sekolah Siaga Kependudukan Digulirkan di Kota Kotamobagu

0
71
Kepala BKKBN Sulut Drs Sugiyatna MM mendukung pengintegrasian pendidikan kependudukan dan program KB bagi Sekolah Menengah.

KOTAMOBAGU-Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) digulirkan di Kota Kotamobagu (KK) melalui kerja sama antara BKKBN KK dengan Dinas Pendidikan.

Kepala BKKBN Sulut Drs Sugiyatna Harjo MM mengatakan, SSK adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran.

Di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik guna pembentukan generasi berencana.

“Agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan, dan guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran,” sebut Sugiyatna saat sosialisasi SSK Pengintegrasian Pendidikan Kependudukan dan Program KB pada Sekolah Menengah di Kota Kotamobagu.

Lanjutnya, Pendidikan Kependudukan adalah upaya terencana dan sistematis untuk membantu masyarakat agar memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran.

Yaitu tentang kondisi kependudukan serta keterkaitan timbal balik antara
perkembangan kependudukan meliputi kelahiran, kematian, perpindahan serta
kualitas penduduk, dengan kehidupan sosial, ekonomi, kemasyarakatan dan
lingkungan hidup.

“Sehingga mereka memiliki perilaku yang bertanggung jawab, dan ikut peduli dengan kualitas hidup generasi sekarang dan mendatang,” pungkasnya.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here