Tahun 2020 Pabrik Lana Bango Bakal Dibangun

0
93
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Sangihe Ir Feliks Gaghaube.

TAHUNA -Sejak diluncurkannya produk lokal Lana Bango atau minyak kelapa lokal Sangihe pada beberapa waktu lalu, peningkatan permintaan produk ini terus terjadi. Sehingga hal ini harus dicermati Pemkab Sangihe untuk terus meningkatkan produksi dan diwajibkan mampu menjaga ketersediaan.

Olehnya Pemkab Sangihe merencakan bakal segera membangun pabrik Lana Bango di tahun anggaran 2020 mendatang.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Sangihe Ir Feliks Gaghaube.
“Kami akan berupaya untuk membangun pabrik Lana Bango pada tahun 2020 mendatang,” ungkap Gaghaube.

Disinggung soal alokasi anggaran untuk pembangunan, Gaghaube menyatakan sementara untuk dana pembuatan pabrik ini, sumber dananya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Pembuatanya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Dan tak hanya Lana Bango yang akan diproduksi, tapi juga tepung kelapa,” jelasnya.

Lanjutnya, memang untuk saat ini disperindag tak mau produksi yang besar, karena baru akan memulai sesuai kebutuhan. Dan tentu terus memperhatikan kualitas, kemasan serta sertifikasi dari produk yqng akan dikelola.

“Untuk persyaratan administrasi harus dipenuhi tahun 2019 ini, karena kelengkapan terhadap standar mutu kualitas, harus diurus sebelum tahun 2020,” jelas Gaghaube sambil menambahkan untuk produksi Lana Bango pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan Pimpinan Daerah, dan akan melalukan kerja sama.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here