Serapan Anggaran Jongkok, Pemkab Sangihe Dorong OPD

0
79
Sekda Sangihe Edwin Roring SE ME.

TAHUNA -Serapan anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe hingga memasuki Bulan Agustus 2019 yang notabene sudah masuk bulan kedua semester kedua tahun anggaran 2019 dinilai masih minim. Apalagi sebagian besar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serapan anggarannya bisa dikata raport merah atau jongkok.

Hal ini menjadi perhatian serius Sekretaris Daerah (Sekda) Edwin Roring SE ME menurutnya keterlambatan ini harus segera dikejar sehingga perampungan setiap rupiah dalam pengelolaan anggaran di masing-masing OPD dapat tuntas di akhir tahun anggaran 2019.

“Serapan anggaran harus tuntas di setiap tahun anggaran pada masing-masing OPD”, ungkap Roring.

Meski demikian, Roring mengakui terjadinya keterlambatan serapan anggaran dimasing-masing OPD. Keterlambatan dipengaruhi beberapa mekanisme diantaranya, melalui proses tender pengadaan barang dan jasa serta belanja modal yang harus dilakukan.

“Jadi Pemkab telah mendorong penyerapan anggaran ditiap OPD, dan ada beberapa kegiatan-kegiatan yang harus melalui proses untuk pengadaan barang jasa dan belanja modal,” ujar Roring kembali.

Roring juga memastikan, saat akhir triwulan III terjadi peningkatan sesuai prospek serapan anggaran Pemkab Sangihe.

“Mudah-mudahan akhir triwulan III ini kita bisa melihat serapan anggaran sejauh mana,” ungkap Roring sembari menambahkan, terkait serapan anggaran saat ini semua pimpinan OPD telah memaksimalkan tender proyek. Serta evaluasi tim EPRA yang dilakukan sebelumnya menjadi pendorong dalam menindaklanjuti serapan anggaran jajaran Pemkab Sangihe.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here