Lakukan Vaksinasi Anjing Masyarakat Diajak Waspadai Rabies

0
22
Plt Kepala Dinas Pertanian Golfried Pella

TAHUNA -Penanganan kasus rabies yang terus terjadi di Sangihe, disikapi secara serius oleh pemerintah daerah. Pasalnya di Kabupaten Sangihe saat ini kasus rabies akobat gigtan anjing sudah termasuk Kasus Luar Biasa (KLB)

Hal ini diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Golfried Pella kepada sejumlah wartawan Senin (12/8/2019).

Penetapan KLB oleh Pemkab lanjut Pella bukan tanpa alasan dikarenakan adanya korban terus meningkat mengharuskan penanganan serius, terhadap hal itu Pemkab telah melakukan langka demi meminimalisir kasus gigitan anjing gila melalui suntikan vaksinasi terhadap hewan peliharaan anjing.

“Beberapa waktu lalu banyak terjadi kasus gigitan anjing, sehingga Pemkab mengeluarkan surat KLB. Dikeluarkan surat KLB itu biasanya sudah ada kasus gigitan lebih dari dua,” ungkap Pella.

Dia menjelaskan, pihaknya terus berupaya meskipun dengan keterbatasan vaksinator disetiap Kampung dan Kelurahan, bahkan dirinya meminta bila memungkinkan ditiap Kampung dan Kelurahan ada vaksinator.

“Dengan SDM yang ada dan dana yang terbatas kami terus melakukan penanganan disemua Kampung dan Kelurahan, nantinya akan diisi vaksinator disetiap Kampung dan Kelurahan, dan mereka para vaksinator ini nantinya akan kami latih,” imbuHh Pella sambil mengimbau masyarakat jika terjadi gigitan anjing yang terunfeksi rabies secepatnya melakukan pengobatan.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here