Pemkab Minsel Gelar Program Inovasi Desa

0
122

MINSEL – Pemerintah kabupaten Minahasa Selatan lewat Kecamatan Amurang Timur, Desa Lopana satu mengadakan Program Inovasi Desa (PID) dengan Tema bahwa Dengan Bursa Inovasi Desa, manfaat Dana Desa Luar Biasa Mantap, Datang, Tiru, Komit, Maju

Ketua panitia dalam hal ini Simon J Repi mengatakan, Program Inovasi Desa ini, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda nawa cita pemerintah dalam upaya mencapai RPJMN 2015-2019. Stakeholder yang terlibat KPW Wlilayah empat Sulut, Tim Inovasi Kabupaten, Dinas PMD Kabupaten Minahasa Selatan.

Iapun mengatakan, Point pembahasan sesuai bidang masing-masing di tuga Bursa yaitu bursa A, Bursa B dan Bursa C, seperti Infrastruktur, pembersayaan dan juga Inovasi dari Desa itu sendiri. Dijelaskannya, Inovasi dari Desa ada dua jenis yaitu Ide dan Komitmen.

Kalau ide dimana akan menggali potensi yang ada di desa itu seperti  parawisata, pembangunan lapangan olahraga serta pemberdayaan masyarakat berupa kegiatan stanting dan kegiatan masyarakat dan lain-lain. kalau komitmen berasal dari pembelajaran yang sudah dibagikan” Ungkap Ketua Simon Repi

Program Inovasi Desa (PID) dimaksudkan untuk peningkatan sesuai dengan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa yang selanjutnya disebut UU Desa yang mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara berkualitas, agar dapat meningkatkan produktifitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

( Andy Runtunuwu )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here