5 Deretan Penjara Terseram di Indonesia, Nomor 4 Bikin Merinding

0
207
Penjara Kalisolok.

SERBA-SERBI – Apa yang Anda pikirkan jika ditanya soal penjara? mungkin banyak yang mengatakan bahwa penjara adalah tempat yang menyeramkan hingga masuk ke dalam daftar penjara terseram di indonesia. Lembaga Permasyarakatan (Lapas) atau dikenal dengan penjara merupakan tempat tahanan bagi orang-orang yang divonis bersalah untuk menjalani hukuman. Di balik jerusi besi, para tahanan menebus segala kejahatan yang telah mereka lakukan.

Apa Saja Penjara Terseram di Indonesia Itu?
Penjara dibuat agar para tahanan jera dengan kejahatan yang dilakukannya dan tak mengulangi perbuatannya lagi. Ada banyak penjara menerapkan sistem siksaan yang buruk untuk tahanan, mulai dari penyiksaan fisik hingga mental. Berikut lima penjara terseram di Indonesia versi Pantau.com hanya untuk sobat pantau.

1. Penjara Nusakambangan, Jawa Tengah

Kawasan Pulau Nusakambangan.
Kawasan Pulau Nusakambangan.

Nusakambangan adalah sebuah pulau di Jawa Tengah yang dikenal sebagai tempat Lembaga Permasyarakatan (Lapas) dengan keamanan tinggi di Indonesia.

Dibangun sejak era kolonial Belanda, untuk mencapai pulau ini harus menyeberang dengan kapal feri dari pelabuhan khusus yang dikelola oleh Kementerian Hukum dan HAM yaitu dari Pelabuhan Sodong menyebrang ke Cilacap, Jawa Tengah.

Banyak hal membuat Lapas Nusakambangan ini menjadi salah satu lapas paling menakutkan di Indonesia, di antaranya, terdapat Bukit Nirbaya yang menjadi tempat eksekusi hukuman mati. LP Nusakambangan juga hanya diperuntukkan bagi para kriminal kelas atas, seperti Amrozi, Imam Samudera, dan Ali Gufron.

LP Nusakambangan dibangun di ujung selatan Jawa Tengah. Tahanan yang mencoba kabur dari lapas tersebut hanya akan menghadapi kematian. Pasalnya, disekeliling LP Nusakambangan masih dihuni oleh hewan-hewan buas dengan hutan yang tertutup.

Selain hewan buas, sederet cerita mistis kerap terdengar di hutan Nusakambangan yang konon katanya membuat seseorang tak bisa pulang selamanya.

2. Penjara Kerobokan, Bali

Lapas Kerobokan, Bali.
Lapas Kerobokan, Bali.

Penjara Kerobokan yang dibuka tahun 1979 ini terletak di Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali.

Penjara Kerobokan terkenal dengan perdagangan narkoba, seks, yang melibatkan para petugas lapas. Mereka yang ditahan di penjara itu adalah penjahat kelas kakap yang mayoritas merupakan warga negara asing.

Di Lapas Kerobokan, tahanan bisa menyewa PSK, menyelundupkan narkoba. Apapun yang dibutuhkan para tahanan, jika ada uang, petugas akan memberikannya, begitulah penjara Kerobokan disebutkan.  Selain itu, perang antarkelompok tahanan juga kerap terjadi, bahkan menelan korban jiwa.

3. Penjara Kalisolok

Penjara Kalisolok.
Penjara Kalisolok.

Penjara Kalisosok di Surabaya, Jawa Timur, ini mulai dibangun saat masa kepemimpinan Herman Williem Daendels yang saat itu menjabat sebagai gubernur jenderal Hindia Belanda yang ke-36.

Menurut sejarah, hampir semua pejuang kemerdekaan Indonesia pernah merasakan kejamnya penjara Kalisosok. Penjara ini disebut-sebut sebagai tempat yang paling ditakuti para narapidana lantaran tempatnya yang sempit, gelap, dan pengap. Dalam satu ruangan yang kapasitasnya hanya 20 orang, dipaksa agar dapat ditempati 90 orang.

Dulunya penjara bawah tanah ini juga digunakan sebagai tempat penyiksaan. Sampai sekarang masih sering terdengar suara minta tolong di sekitar lokasi.

4. Penjara bawah tanah Museum Fatahillah

Penjara bawah tanah Museum Fatahillah.
Penjara bawah tanah Museum Fatahillah.

Museum Fatahillah juga terkenal sebagai Museum Batavia diketahui merupakan gedung Stadhius atau Balai Kota di era kolonial Gubernur Jendral Johan Van Hoorn pada tahun 1707.

Bangunan dibuat terdiri dari bangunan utama, ruang pengadilan, dan ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara. Ruang penjara itu sendiri sudah berdiri sejak 300 tahun silam yang digunakan untuk tempat penampungan para tahanan yang memberontak kebijakan pemerintah Belanda.

Di penjara yang berukuran 1 meter dan 1,7 meter untuk pria ini menampung sekitar 500 orang yang dibiarkan kelaparan, disiksa dengan sadis, hingga membusuk mati. Kisah kelam itulah yang kemudian dipercaya menjadikan areal penjara ini kental dengan nuansa mistis.

Mulai dari suara-suara aneh, bau anyir dan amis darah, hingga penampakan sosok bayangan hitam seringkali terlihat.

5. Penjara bawah tanah Lawang Sewu

Kawasan Lawang Sewu.
Kawasan Lawang Sewu.

Lawang Sewu yang terletak di Semarang, Jawa Tengah, terkenal dengan keangkerannya. Gedung ini dulunya merupakan kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS yang dibangun pada tahun 1904.

Pada masa penjajahan Jepang, ruangan bawah tanah gedung ini menjadi penjara bawah tanah dan dikenal sebagai Penjara Jongkok. Pasalnya, penjara ini hanya memiliki tempat sempit dengan atap yang rendah.

Pada masa penjajahan, penjara ini dijadikan sebagai tempat eksekusi para pemuda yang melakukan perlawanan terhadap Jepang. Jasad-jasad mereka kemudian dibuang ke kali yang terletak di sebelah gedung ini.

Sumber/ Pantau.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here