Rangkaian Iven FDM, Wabup Boltim Buka Lomba Masak

0
24
Wakil Bupati Boltim, Drs. Rusdi Gumalangit saat menghadiri lomba masak dalam rangkaian FDM HUT ke-11 Kabupaten Boltim

BOLTM – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) ke-11, berbagai iven rangkaian Festival Danau Mooat (FDM) yang diselenggarakan pemerintah kabupaten melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Boltim tengah dilaksanakan.

Setelah sebelumnya sukses menggelar Trail Adventure jelajah alam Boltim pada 17 Juli kemarin, hari ini, Kamis (18/7/19) kembali menggelar Lomba Memasak yang diikuti oleh 10 tim Pembardayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) utusan dari 7 Kecamatan se-Boltim, dan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Bertempat di Danau Mooat, Kecamatan Mooat, Kabupaten Boltim.

Giat tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Boltim, Drs. Rusdi Gumalangit. Dalam sambutannya ia mengatakan, semua rangkaian FDM adalah program Pemerintah Daerah (Pemda) yang dilaksanakan Dispar Boltim.

“Pelaksanaan berbagai kegiatan ini dengan tujuan lebih memperkenalkan Boltim. Saya harap, seluruh peserta Lomba Memasak utusan dari 7 kecamatan, mampu mempromosikan salah satu makanan tradisional khas Bolmong Timur, yaitu ikan Payangka,” harapnya.

Diharapkannya juga, Boltim bisa menyediakan bermacam kuliner untuk menjamu wisatawan yang berkunjung.

“Jangan hanya disediakan tempat namun tidak ada makanan khas daerah. Sebelum berakhir semua rangkaian FDM, diharapkan ini menjadi barometer buat kita semua,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dispar Boltim, M. Rizki Lamaluta kepada sejumlah awak media memaparkan, Ikan Payangka adalah maskot di Kecamatan Mooat.

“Berbeda dengan tahun 2018, kali ini kami gelar lomba memasak makanan tradisional yang bahan utamanya adalah Ikan Payangka dan Belut,” sebut Lamaluta.

Ia pun berharap, sesuai yang ditargetkan, 3 -4 tahun kedepan, FDM Boltim akan masuk Kalender of Event Pariwisata Nasional.

“Karena persyaratannya, minimal setiap ada event besar seperti FDM, digelar dalam 3 tahun berturut-turut dengan tanggal yang sama,” harapnya.

“Sehingga itu, wisata yang harus dikembangkan diboltim, jangan hanya alamnya saja, namun makananya juga,” tuntas Lamaluta.

Berikut nama-nama pemenang lomba memasak;

Juara Satu, dengan nilai 3884 nomor urut peserta 01, diraih tim PKK dari Desa Bai’, Kecamatan Nuangan. Menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 3.500.000.

Juara Dua, dengan nilai 3711 nomor urut peserta 06, diraih tim PKK dari Desa Liberia, Kecamatan Modayag. Menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 2.500.000.

Juara Tiga, dengan nilai 3595 nomor urut peserta 07, diraih tim PKK dari Desa Togid, Kecamatan Tutuyan. Menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 1.500.000.

Untuk diketahui, Jumat 19 Juli akan dilaksanakan lomba perahu hias. Bertempat di Pantai Tombolikat Selatan, Kecamatan Tutuyan.

(Thety Metuak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here