Menko PMK Puan Maharani: Harganas Perekat Hubungan dan Gotong Royong Keluarga Indonesia

0
274
Menko PMK Puan Maharani bersama Gubernur Olly Dondokambey (kiri) usai penyematan penghargaan MKK.

KALSEL-Hari Keluarga Nasional (Harganas) menjadi peringatan tahunan yang dapat merekatkan hubungan kekeluargaan dan gotong royong bagi keluarga Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Puan Maharani pada puncak peringatan Harganas ke-26 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/7/2019).

Puan menekankan, kendati peringatan ini penting, jangan hanya menjadi acara seremonial semata. Tapi harus direalisasikan konkrit di dalam keluarga Indonesia.

Puan juga mengingatkan bahwa tugas BKKBN tidak hanya melakukan upaya pengendalian penduduk. Tapi membangun pemahaman dan komitmen dalam mewujudkan keluarga yang sehat, berpendidikan, sejahtera.

Sebab keluarga menjadi tempat pertama dalam membimbing dan memberdayakan keluarga secara sosial, ekonomi, maupun budaya. Keluarga juga berperan penting membangun budi pekerti, memperteguh Pancasila dalam kehidupan bernegara.

Menko PMK Puan Maharani dan Kepala BKKBN Pusat dr Hasto Wardoyo SpOG(K) bersama para kepala daerah penerima penghargaan.
Menko PMK Puan Maharani dan Kepala BKKBN Pusat dr Hasto Wardoyo SpOG(K) bersama para kepala daerah penerima penghargaan.

“Cinta keluarga itu satu hal yang wajib kita lakukan. Karena dinilai dari keluarga nantinya kita bisa membangun bangsa Indonesia yang baik. Saya berharap apa yang sudah dilakukan Kalsel terkait dengan program KB, kesehatan, dan PKK akan terus dilakukan penguatan dan peningkatan dalam memajukan Indonesia ke depan,” tandas Puan.

Pada kesempatan ini, Puan juga memberikan penghargaan kepada para kepala daerah atas dukungan terhadap program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Termasuk kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berupa penghargaan Manggala Karya Kencana.

Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, dalam laporannya menyampaikan, rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan BKKBN sejak Mei hingga Juli 2019.

Di antaranya, Pembukaan Seremonial Pekan Olah Raga dan Seni di BKKBN Pusat, upacara peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019 di BKKBN Pusat dan Perwakilan BKKBN Provinsi seluruh Indonesia pada 28 Juni 2019. Dilanjutkan dengan aneka lomba.

Rangkaian acara puncak Harganas dari 1-6 Juli 2019, dilaksanakan Pelayanan Bakti Sosial, Donor Darah, Khitanan Massal serta Pelayanan KB MKJP, IVA Test dan seminar di BKKBN Pusat maupun di Provinsi Kalimantan Selatan

Kemudian pada 3-5 Juli 2019 dilaksanakan GenRe Edu Camp yang diikuti oleh 350 peserta remaja di Bukit Kiram, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here