Gereja Ini Cuma Ada Dua di Dunia, Salah Satunya di Medan

0
213
Graha Bunda Maria Annai Velangkanni

Kota Medan tak hanya dikenal dengan jajanan bika ambonnya saja, namun terdapat bangunan yang cukup unik di Kota Medan. Bangunan tersebut yaitu sebuah gereja.

Mengapa gereja tersebut unik?

Gereja pada umumnya memiliki arsitektur bentuk bangunan yang khas. Namun berbeda dengan gereja di Medan yang satu ini. Gereja ini memiliki bangunan yang menyerupai sebuah kuil tempat peribadatan umat Hindu.

Graha Bunda Maria Annai Velangkanni
Graha Bunda Maria Annai Velangkanni

Gereja ini bernama Graha Bunda Maria Annai Velangkanni. Kata Annai Velangkanni berasal dari Bahasa Tamil yakni Annai yang berarti bunda dan Velangkanni yang merupakan nama dari sebuah desa tempat Bunda Maria menampakkan dirinya.

Desa Velankanni ini terletak di pesisir daerah Tamin Nadu di India Selatan. Di Indonesia memiliki penyebutan yang sedikit berbeda yaitu Annai Velankanni Arokia Matha yang memiliki arti sebagai bunda penyembuh orang sakit.

Gereja berbentuk unik ini adalah gereja bagi umat Katolik keturunan Tamil India di Medan. Terletak di Jalan Sakura III No.7-10, Tanjung Sekamat Medan, gereja ini didirikan oleh pastor James Bharataputra S.J dan dibantu oleh ahli kontruksi bangunan Johannes Tarigan. Pembangunan gereja ini memakan biaya kurang lebih sekitar Rp 4 miliar.

Pembangunan gereja ini dimulai sejak September 2001 dan diresmikan pada 1 Oktober 2005. Peresmian gereja ini bertepatan dengan hari pembukaan bulan Rosario.

Setelah masuk ke gereja ini, kalian akan cukup terkejut dengan interior yang berbeda dengan bangunan luarnya.

20190307kaskus.co.id-gereja-1-800x450

Gereja ini memiliki arsitektur indo-mogul, bangunannya berbentuk menara candi terdiri dari dua tingkat, lantai dasar yang dijadikan sebagai aula, lantai pertama merupakan tempat beribadah dan balkon yang memiliki 14 jendela menceritakan jalan Salib.

Kemudian di lantai dua, terdapat patung berdiri Annai Velangkanni dan putranya, patung tersebut dibawa langsung dari India, dan terdapat 20 jendela yang menceritakan peristiwa dalam hidup Yesus.

Tak hanya itu, gereja ini juga dilengkapi tujuh tingkat menara dengan tiga kubah yang melambangkan surga tempat Allah Tri Tunggal bertakhta.

Gereja Graha Maria Annai Velangkanni dipenuhi dengan relief, lukisan dan ornamen.

Pada bagian pintu gerbang masuk dihiasi miniatur rumah adat Batak Toba dan Karo yang menandakan tidak ada perbedaan suku, bangsa, bahasa, dan kepercayaan. Dengan desain tersebut gereja ini mengajak masyarakat agar memiliki sikap toleransi antarmanusia.

Setiap ornamen dan pewarnaan pada gereja ini dilakukan oleh tangan-tangan amatir dengan desain yang memiliki makna dari kitab suci.

Gereja ini juga dilengkapi taman mini untuk memperingati Paus Yohannes Paulus II.

Bagi para pengunjung yang datang dari luar daerah maupun luar kota, di gereja ini juga disediakan tempat penginapan yang diberi nama Panti Betheni, Rumah Marta, Maria dan Lazarus.

Gereja Velangkanni di India Selatan
Gereja Velangkanni di India Selatan

Gereja Velangkanni ini hanya terdapat 2 di dunia yaitu terletak di India Selatan dan di Medan. Gereja Velangkanni yang terletak di India Selatan memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Gereja ini tak hanya dibuka sebagai tempat beribadah saja, namun juga dibuka sebagai tempat wisata bagi masyarakat yang ingin melihat keunikan gereja tersebut.

Walaupun digunakan sebagai tempat wisata, gereja ini tidak memungut biaya bagi siapapun yang ingin berkunjung.

Satu lagi keunikan dari gereja ini yaitu banyak masyarakat yang mengatakan bahwa gereja ini mampu bertahan dari guncangan gempa sebesar 9 Skala Richter sekalipun.

Dengan begitu, gereja ini dapat masuk ke dalam tujuan wisata yang wajib didatangi jika berkunjung ke Kota Medan.

Sumber/ goodnewsfromindonesia.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here