Halal Bi Halal di Masjid Sabilul Muhtadin

0
31
Halal Bihalal di Masjid Sabilul Muhtadin Perum Rizky Permai Desa Watutumou, Kalawat, dihadiri oleh para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

MINUT-Sertu Warno Detuage selaku Anggota Kodim 1302/Min mendapatkan kepercayaan dari beberapa Organisasi keagamaan untuk menjadi ketua panitia pelaksana acara halal bi halal dalam rangka memeriahkan semarak Idul Fitri 1440 Hijriah, yang dilaksanakan di Masjid Sabilul Muhtadin Perum Rizky Permai Desa Watutumou, Kalawat, Minahasa Utara, Minggu (23/06/2019).

Sertu Warno, selaku ketua panitia pelaksana, menghadirkan beberapa tokoh agama Minut maupun Tokoh Nasional, diantaranya adalah, Ketua Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Hi, Ir Baidowy Ibnu Hajar, Ketua Ikatan Masyarakat Muslim Minahasa Utara ( Imimut ) Mansur Ui, Anggota DPRD Minahasa Utara terpilih Bpk Ashar, Mantan Ketua MUI sekaligus mantan Ketua Imimut Minahasa Utara Hi, Darul Halim SH, sedangkan tokoh Nasional yang di hadirkan adalah Dr, Ir, Hi, Jafar Alkatiri MM, M.Pdi, anggota DPD-RI terpilih dan juga pada acara halal bi halal kali ini bertindak sebagai pembawa hikmah halal bi halal atau penceramah.

Ketua panitia Sertu Warno dalam dalam laporannya sebagai Ketua panitia pelaksana mengatakan patut bersykur kepada Allah SWT karena kegiatan ini bisa terselenggara.

“Pertama-tama kita patut memanjatkan puji Syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam, karena atas perkenaannya kita dapat dipertemukan ditempat ini dalam keadaan sehat wal afiat,” ujarnya.

Lanjut Sertu Warno, acara halal bi halal kali ini dapat kami laporkan bahwa, kegiatan ini dirancang oleh panitia pelaksana, karena pada Idul Fitri yang lalu, banyak jemaah yang tidak sempat bersilaturrahmi dari rumah kerumah karena sibuk melayani dan menerima tamu bahkan ada yang sempat mudik.

“Oleh karena itu hari ini kita dikumpulkan ditempat ini untuk berhalal bi halal, saling memaafkan Minal Aidin Wal Faizin Maaf Lahir dan Batin,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua MUI Minahasa Utara Ir, Hi Baidowy sangat mengapresiasi kegiatan Halal Bi Halal yang dilaksanakan oleh jemaah Masjid Sabilul Muhtadin.

“Selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Minahasa Utara, saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Jemaah Masjid Sabilul Muhtadin, hal ini adalah salah satu cara untuk membangun silaturrahmi dan merupakan ajang untuk saling memaafkan atas segala kesalahan terhadap sesama, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja,” katanya.

Dalam acara ini pula Ketua BTM, seksligus sebaga Ketua Imimut, Bpk Msndur Ui, menyampaikan ucapan banyak terimakasih atas dukungan dan kerja sama semua pihak, sehinggal acara halal bi halal ini dapat terselenggara dengan baik.

Selanjutnya Dr, Ir Jafar Alkatiri MM, M.Pdi selaku pembawa hikmah Halal Bi Halal dalam ceramahnya mengatakan, “Jika hati sejernih Air, jangan biarkan dia keruh, jika hati seputih awan, jangan biarkan dia mendung, jika hati seindah bulan, hiasi dia dengan Iman, satukan tangan dan satukan hati, itulah indahnya silaturrahmi, ujarnya dalam mukadimah ceramahnya disiang hari itu.

Dalam mengakhiri acara halal bi halal kali ini,Hi, Darul Halim di daulat untuk membawakan doa penutup.

Usai acara halal bi halal, para jemaah disuguhkan dengan acara hiburan oleh panitia pelaksana yaitu pertujukan panjat pinang sebanyak tiga pohon pinang yang di atasnya digantung berbagai hadiah, termasuk hadiah uang Tunai di tiap tiap bendera yang berada di atas pinang, pohon pinang yang di perebutkan hadiahnya terdiri dari Satu pohon pinang untuk kelompok dewasa, dan Dua pohon pinang untuk kelompok anak-anak.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Dr, Ir, Hi, Jafar Alkatiri MM, M.Pdi Anggota DPD-RI terpilih selaku Pembawa hikmah halal bi halal, Ir, Hi, Baidowy Ibnu Hajar Ketua Majelis Ulama Indonesia Kab, Minahasa Utara, Mansur Ui selaku ketua Ikatan Masyaramat Islam Minahasa Utara ( Imimut ), Hi, Darul Halim SH, selaku Mantan Ketua MUI dan sekalugus mantan ketua Imimut, Imam Masjid Sabilul Muhtadin Balad Rahamiyamtel, dan sejumlah tokoh Agama dan tokoh Masyarakat.

(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here