Bawaslu Minut Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Media Massa

oleh -110 Dilihat
Bawaslu Minut saat menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Media Massa.

MINUT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Media Massa, di Hotel Sutan Raja Minut, Kamis (13/6/2019) sore tadi. Gelaran sosialisasi ini dimaksudkan agar semakin terbangun sinergitas bersama insan pers.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua Bawaslu Minut Simon Awuy SH, Kordiv HP3S Bawaslu Minut, Rocky Ambar dan Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Minut Rahman Ismail SH, dan juga dihadiri Pelaksana Harian Ketua Bawaslu Provinsi Sulut Supriyadi Pangellu SH.

Menurut Pangellu, bahwa suksesnya pesta demokrasi di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), tak lepas dari dukungan para awak media. Untuk itu, dirinya angat mengapresiasi sinergitas yang terjalin antara Bawaslu Minut bersama media massa.

” Sinergitas penyelenggaraan Pemilu yang dilakukan bersama insan pers, ternyata bisa membawa dampak suksesnya pesta demokrasi di Sulut, yang senantiasa memberikan informasi dan edukasi,” kata Pangellu.

Sementara, menurut ketua Bawaslu Minut Simon Awuy SH, bergulirnya setiap tahapan demokrasi, memiliki keterkaitan erat dengan media massa, sebagai pilar demokrasi ke empat.

“Sebagai pilar demokrasi ke empat, peran media massa sangatlah membantu Bawaslu, yang dalam tugas dan fungsinya terdiri atas, fungsi pengawasan yang didalamnya terdapat fungsi pencegahan terhadap potensi pelanggaran pemilu, fungsi penindakan, dalam memberi informasi awal terhadap dugaan pelanggaran, serta fungsi Memutus, dalam penyelesaian sengketa” jelas Awuy.

Hal senada juga disampaikan kordiv HP3S Bawaslu Minut Rocky Ambar SH, bahwa hubungan simbiosis mutualisme bersama media yang terjalin sampai saat ini banyak memberi kontribusi jajarannya, dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat TPS.

“Kami sangat terbantu dengan hubungan baik media massa yang terbina bersama Bawaslu Minut, disamping menjadi mediator dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, namun juga sering memberikan ide dan gagasan yang membangun dalam kerja dan tugas sebagai penyelenggara Pemilu,” ungkap Ambar.

Dalam kegiatan yang sama, Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Minut Rahman Ismail SH juga menjelaskan bahwa pentingnya membangun sinergitas antara pihaknya bersama mesia, sebagai mitra dalam pengawasan, sebagai penghubung informasi, baik secara kolektif maupun personal.

“Jika sesuai dengan jumlah personil, Bawaslu tidak akan mampu mengoptimalkan fungsi pengawasan. Namun oleh peran media, semua itu menjadi sangat terbantu,” tutup Ismail.

(Budi)

No More Posts Available.

No more pages to load.