Dirut RSUP Kandou Bentuk Clinical Research Unit, Akomodir Peneliti FK Unsrat

0
269
Direktur Utama RSUP Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD membawakan sambutan pada Temu Alumni FK Unsrat, Minggu (26/5/2019) di Mercy Waterpark.
MANADO-Harapan besar diapungkan Direktur Utama RSUP Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD pada peringatan Dies Natalis ke-60 Fakultas Kedokteran (FK) Unsrat, Selasa (28/5/2019).
“Kiranya RSUP Kandou dan FK Unsrat akan semakin maju bersinergi dan saling topang, guna menghasilkan berbagai hal demi pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik,” tuturnya.
Salah satu komitmen tersebut, diakui Dirut, dirinya telah membentuk Clinical Research Unit (Unit Penelitian Klinis) yang diketuai Dr dr Eko Prasetyo SpBS.
“Tim riset ini nantinya menjembatani para peneliti dari Fakultas Kedokteran dengan RSUP Kandou sebagai laboratorium penelitian. Sehingga hasil penelitian akan bermanfaat bagi pelayanan RS,” tandasnya.
Dalam sejarahnya, Fakultas Kedokteran didirikan pada 28 Mei 1959. Selanjutnya diperingati sebagai tanggal lahirnya Fakultas Kedokteran Unsrat dalam lingkungan Universitas Sulawesi Utara Tengah (Unsut). Itu berdasarkan Surat Pekuper Nomor 522/Pert/Pekuper/1958 tertanggal 5 Mei 1959.
Kemudian diakui sebagai Fakultas Kedokteran Negeri pada 26 Desember 1961 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan RI Nomor 8242/UP/II/61.
Sesuai Surat Keputusan Presiden RI Nomor 227 Tahun 1965, selanjutnya ditetapkan sebagai Fakultas Kedokteran Unsrat.
Sukses mengarungi perjalanan selama enam dekade tersebut, FK Unsrat kini telah mengembangkan program studi (Prodi).
Yaitu pendidikan dokter (S1), profesi dokter, pendidikan dokter gigi (S1 dan profesi), serta ilmu keperawatan (S1 dan profesi).
Kemudian program pendidikan dokter spesialis (PPDS). Terdiri dari bedah, ilmu penyakit dalam, ilmu kesehatan anak, neurologi, ilmu penyakit mata, ilmu penyakit kulit dan kelamin, rehabilitasi medik, juga obstetri dan ginekologi.
(harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here