Jokowi-Amin Kebanjiran Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia

0
97

Jakarta, – Para pemimpin dunia mulai menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden terpilih Indonesia 2019-2024 Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil akhir rekapitulasi suara Pemilu 17 April lalu, Selasa dini hari (21/5/2019).

Beberapa pemimpin dunia yang sudah menyampaikan selamat kepada Jokowi-Amin di antaranya adalah para pemimpin dari negara tetangga terdekat Indonesia, termasuk Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

“Selamat @jokowi atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Indonesia,” kata Morrison, Selasa, di akun Twitternya.

“Indonesia adalah salah satu (mitra) hubungan strategis paling penting Australia. Kami berharap dapat memperdalam ikatan antara Australia dan Indonesia di semua kepentingan bersama,” lanjutnya.

Twitter Scott Morrison
Twitter Scott Morrison

Selasa, dini hari kemarin, KPU menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai pemenang pemilu dengan mengumpulkan 54,48% suara. Sementara itu saingannya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraup 44,52% suara.

Selain pemimpin dari negara tetangga, Presiden China Xi Jinping juga turut menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi. Dalam pesan ucapan selamat, Xi menyebut bahwa China dan Indonesia adalah mitra alami karena sama-sama negara berkembang besar dan berbagi kepentingan bersama yang luas di tingkat bilateral, regional dan multilateral.

“Selama beberapa tahun terakhir, kedua negara telah mengambil kesempatan untuk bersama-sama mengembangkan proyek Belt and Road untuk lebih mensinergikan strategi pembangunan mereka dan telah mencapai hasil yang bermanfaat dalam kerja sama praktis di berbagai bidang, mengantar hubungan mereka ke fase baru pembangunan cepat,” kata Xi, Selasa, mengutip Xinhua.

Presiden China Xi Jinping di acara Konferensi Dialog Peradaban Asia.
Presiden China Xi Jinping di acara Konferensi Dialog Peradaban Asia.

Sebelumnya, berbagai media asing, termasuk media Amerika Serikat (AS) The Washington Post dan media Qatar Aljazeera, telah memberitakan kabar kemenangan Jokowi.

“Presiden Indonesia Joko Widodo telah mengalahkan saingannya, Prabowo Subianto, untuk memenangkan masa jabatan kedua, kata komisi pemilihan negara itu, dalam pengumuman yang dikeluarkan beberapa jam sebelum pemrotes oposisi ditetapkan untuk memprotes hasil akhir pemungutan suara bulan lalu.” Demikian dikabarkan Aljazeera, Selasa, dalam berita berjudul ‘Indonesia election: Joko Widodo wins second term’.

9a099f20-710a-434c-b770-6920a0dffdfb_169-800x450

Beberapa media lainnya yang turut mengabarkan berita ini termasuk media Jepang, Nikkei Asian Review; media Inggris, Reuters dan the Guardian; media Singapura, Channel News Asia; media AS Bloomberg, dan banyak lagi lainnya.

Sumber/ CNBC Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here