Sekkab Minahasa Ikuti Rakornas Tim Terpadu Kewaspadaan Nasional

0
76
Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH, M.Si saat mengikuti Rakornas Tim Terpadu Kewaspadaan Nasional yang digelar oleh Direktorat Kewaspadaan Nasional Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI bertempat di Grand Ballroom Hotel Grand Paragon Jakarta, Kamis (16/5/2019).

JAKARTA- Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH, M.Si di dampingi Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Minahasa Iwan Maswonggo

Mengikuti Rakornas Tim Terpadu Kewaspadaan Nasional yang dilaksanakan oleh Direktorat Kewaspadaan Nasional Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI bertempat di Grand Ballroom Hotel Grand Paragon Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Diawali dengan laporan oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri dilanjutkan dengan pengarahan sekaligus dibuka secara resmi oleh Menkopulhukam RI Jend. TNI (Purn) DR. H. Wiranto, SH.

Wiranto dalam arahannya menyampaikan bahwa perlunya sinergitas antara Pusat dan Daerah dalam rangka menetralisir ancaman, khususnya isu yang berkembang pasca Pemilu 2019.

“Saya berharap adanya koordinasi dari Forkopimda baik Provinsi maupun di Kabupaten/Kota untuk mencegah, mengantisipasi indikasi/kecenderungan terjadinya konflik sosial,” kata Wiranto.

Wiranto juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk dapat merekatkan persatuan dan kesatuan pasca pemilu 2019.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan Pemaparan materi oleh Gubernur Jawa Timur, yang mendapat penghargaan untuk Provinsi terbaik Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial, Pemaparan Materi oleh TNI dan Pemaparan oleh POLRI, dan
Ditutup oleh Pengarahan Mendagri, dimana disampaikan bahwa perlunya deteksi dini dalam pencegahan konflik sosial.

Diingatkan oleh mendagri mengenai peran Camat untuk dapat berkoordinasi dengan Forkopimcam bahkan BIN, selain itu juga Peran Kesbangpol, Satpol PP didaerah juga diharapkan dapat membantu penanganan konflik sosial di daerah.

“Kunci penanganan konflik sosial itu ada pada koordinasi tiap elemen di daerah,” kata Kumulo.

Pada rakornas ini, dihadiri oleh Menkopulhukam, Mendagri Tjahjo Kumolo, SH, Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial baik Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, Gubernur, Bupati/Walikota, unsur TNI, unsur POLRI perwakilan tiap Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia.

(Thety Metuak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here