Rizieq, Amien Rais, dan Bachtiar Nasir Dilaporkan Atas Dugaan Makar

0
193
Caleg PDIP Dewi Tanjung menunjukkan surat tanda bukti usai melaporkan ke Polda Metro Jaya.

Jakarta, – Politisi PDIP Dewi Tanjung melaporkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab, politikus senior PAN Amien Rais dan mantan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Bachtiar Nasir atas dugaan makar. Perkara tersebut terkait seruan people power yang disampaikan ketiganya dalam waktu berbeda.

Amien Rais waktu perkaranya saat menyampaikan orasi di depan KPU pada 31 Maret 2019. Sementara Rizieq berdasarkan video yang menyatakan people power dan meminta Jokowi turun. Video itu tersebar di grup WhatsApp.

Sedangkan Bachtiar Nasir dilaporkan Dewi berdasarkan video yang tersebar di Youtube. Menurut Dewi, dalam video tersebut, Bachtiar menyerukan revolusi berkali-kali.

“Sebenarnya saya ini mau melaporkan bersamaan dengan Eggi, tapi karena kurang alat bukti jadi hanya Eggi. Hari ini saya laporkan Amien Rais dengan HRS (Habib Rizieq Syihab) dan Bachtiar Nasir,” kata Tanjung usai membuat laporan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019).

Surat tanda bukti laporan ke Polda Metro Jaya.
Surat tanda bukti laporan ke Polda Metro Jaya.

Dewi membawa beberapa barang bukti untuk memperkuat laporannya. Ia menyebut membawa seluruh CD yang berisi video pernyataan terlapor.

Laporan tersebut diterima dengan nomor LP/2998/V/2019/PMJ/Dit. Reskrimum. Laporan tersebut tertanggal 14 Mei 2019.

Dalam laporan tersebut ketiganya diperkarakan pasal 107 KUHP dan/atau pasal 110 jo pasal 87 KUHP jo pasal 55 KUHP jo pasal 56 KUHP dan/atau pasal 14, pasal 15 KUHP. Selain itu ketiganya juga dikenakan pasal 28 ayat 2 jo pasal 45 A ayat 2 UU ITE.

“Ada lagi sebenarnya yang mau dilaporkan tapi menyusul. Bertahap semua. Saya berharap, saya ingin membuat kedubes Arab Saudi untuk memulangkan HRS dan Bachtiar dari Arab Saudi,” tutup Dewi.

Sumber/ Kumparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here