KPUD Sangihe Mulai Rapat Plano Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019

0
43
Pelaksanaan Rapat Plano KPUD Sangihe di Graha Imanuel Tahuna, Selasa (30/4/2019). foto: Sam Daleda.

TAHUNA-Setelah pelaksanaan voting day pada 17 April 2019 lalu dan melalui tahapan penghitungan di tingkat TPS, dan PPK, akhirnya Selasa (30/4/2019) Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sangihe resmi menggelar Rapat Plano Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Pemilu Serentak Tahun 2019 Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Peserta Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe. Plano ini sendiri digelar di Graha Imanuel Tahuna.

Ketua KPU Sangihe Ellyse Sinadia saat membuka Rapat Plano mengatakan, hari ini dalam tahapan yang sangat krusial, rekapitulasi penghitungan hasil suara KPU Sangihe dan penetapan penghitungan suara untuk Anggota DPRD Kabupaten Sangihe.

“Disadari bahwa apapun yang terjadi dalam setiap agenda terlebih dalam tahapan Pemilu itu semua tak lepas dari perkenaan Tuhan. Karena itu kami selaku penyelenggaran yang ada di Kabupaten Sangihe menyampaikan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019,” kata Sinadia.

Lanjutnya, setelah melewati pemungutan suara pada tanggal 17 April, semua bisa berjalan dengan situasi aman dan kondusif, maka KPU memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang begitu antusias datang ke TPS memberikan hak suara.

“Sehingga masyarakat merasa memiliki, bahwa apa yang telah kita berikan ini untuk kelangsungan bangsa dan negara dan juga untuk daerah kita Kabupaten Sangihe,” lanjutnya.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak TNI-Polri dalam pengamanan, yang sudah menjaga daerah dan menjadi pelindung bagi masyarakat menggunakan hak pilihnya serta pelaksanaan tahapan Pemiliu.

“Walaupun harus kami sadari ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaan pemungutan suara. Kekurangan dalam hal kelengkapan logistik, sehingga itu menjadi bahan  bagi kami dan harus mengulang semua kelengkapannya demi tertibnya demokrasi,” ujar Sinadia.

Hadir dalam Plano tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Sangihe Helmud Hontong SE, unsur Forum Koordinasi Perangkat Daerah (Forkompomda), Komisioner KPU, Ketua Bawaslu Sangihe Juneidi Bawenti bersama pimpinan, perwakikan Parpol, Ketua PPK, serta para saksi partai.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here