PIT HOGSI XII di Manado, Wujudkan Layanan Kespro Holistik Terintegrasi di Era JKN

0
301
Gubernur Sulut Olly Dondokambey (tengah), Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Kirana Pritasari (kedua kiri), Ketua PP POGI Ari Kusuma (paling kanan), Ketua HOGSI Pusat Dr dr R Soerjo Hadijono SpOG(K) (paling kiri), dan Ketua Panitia Dr dr Joice Sondakh SpOG(K) (kedua kanan), saat acara pembukaan di Hotel Four Points by Sheraton Manado, Senin (29/4/2019).
MANADO-Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey membuka secara resmi Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Himpunan Obstetri dan Ginekologi Sosial Indonesia (HOGSI) XII di Manado, Senin (29/4/2019).
Olly optimis, PIT HOGSI bertema mewujudkan layanan kesehatan reproduksi holistik terintegrasi untuk mencapai visi Indonesia sehat ini semakin memantapkan peran dan posisi HOGSI, dalam proses pembangunan bangsa.
Dia pun mengajak seluruh anggota HOGSI untuk memanfaatkan pertemuan ilmiah tahunan bagi pengembangan kapasitas diri dan organisasi.
Sehingga ke depannya, HOGSI dapat mempersiapkan langkah solutif dan antisipatif guna menjalankan perannya sebagai salah satu organisasi terandalkan dalam proses pembangunan daerah dan bangsa.
Ketua HOGSI Dr dr R Soerjo Hadijono SpOG(K) mengatakan, PIT HOGSI XII Tahun 2019 pada 29 April – 1 Mei ingin berupaya melakukan pendekatan peran konsultan obstetri ginekologi sosial beserta himpunan lain di POGI, seluruh komponen tenaga kesehatan, para penentu kebijakan, dan semua pihak terkait.
Dalam upaya mempersatukan kerjasama peningkatan kualitas layanan kesehatan reproduksi, melalui peranan dalam bidang leadership, evidence based medicine, dan kontrasepsi terkini.
Termasuk integrasi himpunan di POGI dalam bidang obstetri ginekologi sosial, kompetensi Obsginsos, dan emergensi dalam kebidanan.
Juga peran POGI dalam pelatihan kesehatan reproduksi, strategi RS di era JKN, pengalaman Obsginsos dalam kesehatan reproduksi di daerah, patient-centered care untuk pencegahan kasus medikolegal dan medical elegibility criteria for contraceptive use.
“Kemudian akan dipersatukan dalam inter-professional colaboration dalam pelayanan kesehatan reproduksi di Indonesia,” tandasnya.
PIT HOGSI kali ini turut dihadiri Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Kirana Pritasari, Ketua PP POGI Ari Kusuma, dan Kadis Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo MSc PH.
(harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here