Pelayanan KB Termasuk Manfaat Program JKN, BKKBN Sulut Sinkronisasi Pemetaan Faskes

0
193
Plt Kepala BKKBN Sulut Drs Sugiyatna MM (tengah) dan Kabid KB/KR Ir Tino Tandaju MErg (keempat kanan) bersama beberapa peserta pertemuan.
MANADO-Pelayanan Keluarga Berencana diharapkan bisa terlaksana secara berkualitas, adil, dan merata.
Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Drs Sugiyatna MM, hal itu menjadi perhatian penting program teknis bidang keluarga berencana dan kesehatan reproduksi (KB dan KR) pada rapat koordinasi nasional tahun 2019.
Mewujudkan itu, kata Sugiyatna, pihaknya telah melaksanakan pertemuan sinkronisasi pemetaan fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta dalam pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), di Hotel Best Western Manado, 8-9 Maret 2019 silam.
“Sesuai Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang JKN, menyebutkan juga bahwa pelayanan KB/KR adalah bagian dari manfaat JKN,”
Sebab itu, Faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan diharapkan menjamin ketersediaan tenaga pelayanan KB dan KR yang kompeten, sarana penunjang, alat dan obat kontrasepsi untuk seluruh peserta JKN, juga sistem pencatatan dan pelaporan pelayanan KB dan KR.
“Meliputi konseling, kontrasepsi dasar, vasektomi, tubektomi, termasuk komplikasi KB,” ucapnya.
Melalui pertemuan tersebut, tambah Sugiyatna, BKKBN Sulut ingin meyakinkan bahwa pembiayaan pelayanan kontrasepsi sepenuhnya ditanggung pemerintah. Juga kemudahan PUS (pasangan usia subur) terutama keluarga miskin untuk menjadi peserta program JKN.
“Karena itu, ditargetkan sebanyak 85 persen Faskes sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sesuai SOP (standar operasional prosedur),” pungkasnya.
Diharapkan juga melalui pertemuan tersebut diperoleh data Faskes by name by adress.
Yaitu berupa data faskes yang belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sebagai selisih target 85% dari total faskes dan jejaringnya, dan harus dicapai sebagai salah satu perjanjian kinerja pada tahun 2019.
Ditambahkan Kasubbag Umum dan Humas Leidi Ante, pertemuan tersebut dipandu Kepala Bidang KB/KR BKKBN Sulut Ir Tino Tandaju MErg. Diikuti perwakilan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Suluttenggo, Dinkes Sulut, para Kasubbid Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes kabupaten/kota, serta para Kasubbid Pelayanan KB/KR OPD-KB 15 kabupaten/kota se-Sulut.
(harry)
iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here