Bupati Minahasa ROR Hadiri Rakorda Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak di Provinsi Sulut

0
108
Bupati Minahasa Roy Roring saat menghadiri Rapat Kordinasi Daerah dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu serentak di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (25/2/2019) di Gedung Mapalus kantor Gubernur Sulut.

SULUT– Bupati Minahasa Ir.Royke Octavian Roring MSI (ROR) menghadiri Rapat Kordinasi Daerah Dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu serentak di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (25/2/2019) di Gedung Mapalus kantor Gubernur Sulut.

Rakorda ini dihadiri oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Forkopimda Sulut, Danrem 131 Santiago, Bupati/Walikota se Provinsi Sulawesi Utara, KPU Prov. Sulut, Bawaslu Prov. Sulut,
Kaban Kesbangpol Kab/Kota, Kadis Dukcapil Kab/Kota se Prov. Sulut, Camat se- Prov. Sulut, para Kepala Desa Lurah, Sangadi dan Opolao/Kapitalaung se Prov Sulut.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi dengan nara sumber pada sesi pertama kegiatan ini disampaikan oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid Tri Harjanto dengan Materi Potensi Kerawanan pemilu 2019 dalam perspektif kepolisian di Provinsi Sulut.

Tampil sebagai pembicara kedua di sesi pertama, Kasdam XIII Merdeka Brigadir Jendral TNI Fajar Setiawan dengan materi Peran strategi TNI dalam mendukung pemilu sukses tahun 2019.

Sebagai pembicara ketiga, Kejati Sulut M Roskanedi, SH tampil sebagai pemberi materi, dengan pembahasan mengenai kewaspadaan Nasional menjelang pemilu 2019 di Provinsi Sulut dalam perspektif kejaksaan.

Sedangkan pada sesi kedua, tampil sebagai pembicara pertama Ketua KPU Sulut DR. Ardiles Mewoh, SIP, MSi dengan materi Kesiapan KPU daerah Provinsi Sulut dalam menghadapi pemilu 2019

Komisioner Bawaslu Prov. Sulut: Supriadi Pangellu, SH sebagai pembicara kedua pada sesi kedua dengan materi Kesiapan Bawaslu dalam menghadapi pemilu 2019.

Untuk pembicara ketiga pada sesi kedua ini yakni Kepala BPKP Sulut Kwihatmaka, SE, MM dengan materi pengelolaan Keuangan dan Pengedalian Pemilu.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam sambutannya mengucap syukur
karena bisa menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu serentak di Provinsi Sulawesi Utara pada hari ini.

“Pesta demokrasi tahun 2019 ini menjadi agenda nasional. Untuk itu, kita harus bersama-sama berkontribusi dengan baik dalam rangka menentukan masa depan Republik Indonesia yang kita cintai,” kata Gubernur Olly Dondokambey.
Lanjut Gubernur, tentunya peran kita sebagai aparat pemerintah dan seluruh rakyat sangat diharapkan, karena itu adalah tugas dan tanggung jawab kita sebagai aparat pemerintah untuk kemajuan negara kesatuan Republik Indonesia.

” Tugas ini akan sangat menentukan keberlangsungan dan arah pembangunan bangsa dan daerah kita ke depannya, maka pelaksanaan demokrasi tahun 2019 ini mendapatkan perhatian khusus serta dukungan terhadap proses pembangunan demokrasi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di provinsi Sulawesi Utara,” tambah Gubernur.

Oleh karena itu kata Gubernur,
pelaksanaan berbagai tahapan demi tahapan dilakukan untuk suksesnya pemilihan umum yang sesuai prinsip dasar dan nilai-nilai konstitusional dan harus senantiasa dimanfaatkan dengan baik.

” Karena ini merupakan hal yang mutlak untuk didukung oleh kita sekalian selaku stakeholder pembangunan dan kemajuan daerah dan bangsa kita ke arah yang lebih baik. saya percaya bahwa kebersamaan kita merupakan perwujudan komitmen untuk memberikan dukungan terhadap proses pembangunan demokrasi dengan penuh tanggung jawab bagi kesinambungan pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.

Untuk itu, Gubernur Olly pun meminta kepada kepala daerah diharapkan mendukung Program Pemilu 2019 dan ikut menjalankan peran dan fungsi secara optimal agar tidak ada permasalahan yang terjadi dalam Pemilu 2019.

“Diharapkan pula kepada semua Kepala Daerah Perangkat Daerah Camat Lurah Kepala Desa se Provinsi Sulawesi Utara dapat membantu memfasilitasi penyegaran pemilu serta melakukan sosialisasi Pemilu 2019 kepada masyarakat,” pinta Gubernur Olly Dondokambey.

Sentara dalam Kegiatan ini, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan Visi dan Misi, persepsi dan pola tindak agar terjalin sinergitas seluruh pemangku kepentingan pemilu dalam menjalankan tugas sesuai bidang dan kewenangan menunjang kelancaran dan Suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019.

“kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang berintegritas, sukses, aman, damai, dan sejuk di kabupaten minahasa dan Provinsi Sulawesi Utara dan Indonesia secara keseluruhan.

Untuk itu Bupati Minahasa pun mengharapkan peran dari semua Kompenen masyarakat  untuk berpartispasi secara aktif.

“Dan khusus  Camat, Hukum Tua, Lurah agar lebih gencar lagi mensosialisasikan dalam acara sosial kemasyarakatan, baik acara suka maupun duka di wilayah masing masing, dan mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya serta menjaga keamanan  ketertiban untuk suksesnya pesta demokrasi tanggal 17 April 2019,” tukas Bupati Minahasa Roy O Roring.

(Tetty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here