Pemprov Sulut Apresiasi YKAKI Manado

0
120
Kadis Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo MSc PH (kedua kanan), Prof Max Mantik SpA(K) (paling kanan), Ketua YKAKI Manado dr Maylan Mamudi (paling kiri) bersama anak-anak penderita kanker saat peringatan HKAI 2019 di Atrium Megamall Manado, Selasa (19/2/2019) siang.
MANADO-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengapresiasi Yayasan Kasih Anak Kanker (YKAKI) Cabang Manado yang menginisiasi puncak peringatan Hari Kanker Anak Internasional di Sulawesi Utara, Selasa (19/2/2019).
Kegiatan yang dipusatkan di Atrium Megamall tersebut, kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili Kepala Dinas Kesehatan dr Debie Kalalo MSc PH, diyakini bernilai penting bagi anak-anak penderita penyakit kanker.
“Ini juga merupakan support nyata kita semua terhadap anak-anak penderita kanker di Sulut maupun di dunia, supaya tetap tegar berjuang melawan dan sembuh dari penyakit kanker,” kata Kalalo.
Kalalo menuturkan, saat ini pola penyakit telah mengalami transisi epidemiologi penyebab. Ditandai dengan beralihnya penyebab kematian yang semula didominasi oleh penyakit menular, bergeser ke penyakit tidak menular. Salah satunya adalah penyakit kanker.
Karena itu, dibutukan upaya pengendalian penyakit kanker. Tidak hanya oleh pemerintah dan organisasi-organisasi tertentu saja. Tapi juga melibatkan lintas sektor, segenap stakeholder, dan seluruh masyarakat.
“Baik itu melalui pencegahan, deteksi dini, pengobatan dan perawatan paliatif menggunakan SDM yang tersedia,” imbuh Kalalo.
Menjunjung tinggi kesadaran bahwa Torang Samua Ciptaan Tuhan, Pemprov Sulut mengajak kita semua mengedepankan pola hidup sehat.
Dengan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin, terapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) guna mengatasi masalah gizi serta mengurangi potensi terkena penyakit kanker.
Ratusan peserta edukasi penyakit kanker yang berasal dari SMA dan SMK di Manado.
Ratusan peserta edukasi penyakit kanker yang berasal dari SMA dan SMK di Manado.
Sementara itu, Ketua YKAKI Cabang Manado dr Maylan Mamudi mengungkapkan peringatan HKAI 2019 kali ini diwujudkan lewat edukasi ke semua lapisan masyarakat tentang penyakit kanker. Dibawakan oleh Prof Max Mantik SpA(K) dari Pusat Kanker Anak Estella RSUP Kandou.
Para peserta edukasi terdiri dari 8 SMA dan SMK di Kota Manado. “Jumlah peserta sekira 300 orang,” sebut ASN di RSJ Ratumbuysang ini.
Sejumlah anak penderita kanker yang dibina oleh YKAKI Cabang Manado, ucap dr Maylan, juga diberi kesempatan berinteraksi dengan peserta sosialisasi.
Pada puncak acara HKAI 2019, juga digelar aksi ‘Berani Gundul Lawan Kanker pada Anak’, serta aksi sosial donor darah.
Turut hadir, Asisten 2 Setdakot Manado dr Robby Mottoh, Sekretaris Dinkes Manado dr Marini Kapojos, Kasie Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Sulut dr Arista Wowor.
(harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here