HUT ke-67 Korps Hukum AD, Kumdam XIII/Merdeka Gelar Aksi Donor Darah

0
136
Kumdam XIII/Merdeka bersama undangan saat aksi donor darah bersama PMI Sulut.
MANADO-Korps Hukum (Chk) Angkatan Darat merayakan HUT ke-67 di tahun ini. Momen tersebut diperingati Hukum Kodam (Kumdam) XIII/Merdeka lewat aksi sosial donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Utara, Selasa (12/2/2019).
Kepala Kumdam (Kakumdam) XIII/Merdeka Letkol Chk Sihabuddin mengatakan, selain sebagai dukungan kepada Kodam XIII/Merdeka dalam pelaksanaan bakti sosial, donor darah ini merupakan bentuk kemitraan TNI AD dalam hal ketersediaan darah di Sulawesi Utara.
“Kegiatan ini diharapkan akan menjadi salah satu solusi bagi PMI dan pemerintah daerah dalam menjawab tantangan dan permasalahan kebutuhan permintaan darah dari seluruh rumah sakit di Kota Manado,” ujarnya, sambil menuturkan kegiatan donor darah dapat dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan.
Kakumdam XIII/Merdeka Letkol Chk Sihabuddin mengikuti pemeriksaan kesehatan.
Kakumdam XIII/Merdeka Letkol Chk Sihabuddin mengikuti pemeriksaan kesehatan.
Digelar di Markas Kumdam XIII/Merdeka, aksi sosial tersebut melibatkan 50 personel.
Ikut hadir, Kepala Oditur Militer IV-18 Manado Kolonel Laut (Kh) Joenadi, Kepala Pengadilan Militer III-17 Manado Letkol Chk Parluhutan Sagala, Wakakumdam XIII/Merdeka Letkol Chk Askari, Wakaodmil IV-18 Manado Letkol Chk Prince, Kalakdukbankum Kodam XIII/Merdeka Mayor Chk Novy Mewoh, dan Kasi Undang Mayor Chk Subekti.
Sementara itu, dr Sonny Pasuhuk dari PMI Sulut menyampaikan, dalam proses kegiatan donor darah mandiri seluruh proses dilakukan sesuai prosedur berlaku. Mulai dari pendataan calon pendonor dan pemeriksaan kesehatan.
“Pada prinsipnya, sesuai proses, transfusi darah dilakukan dengan teliti dan sesuai aturan WHO. Antara lain perlu dilakukan kajian dan penelitian laboratorium pada Unit Transfusi Darah terlebih dahulu,” tandasnya.
Pasuhuk menambahkan, di antara pendonor dan penerima darah harus sama-sama mendapatkan manfaat setelah dilakukan proses transfusi. “Pendonor akan sehat, dan penerima mendapatkan manfaat atas darah yang diterimanya,” pungkas Pasuhuk.
(harry)
iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here