Dihantam Ombak Tinggi, Dua Nelayan Lokal Ditemukan di Perairan Inobonto

0
86
Personel Pos Siaga SAR Kotamobagu bersiap melakukan pencarian dan pertolongan.
BOLMONG-Dua orang lelaki yang berprofesi sebagai nelayan dari Desa Inobonto Dua, Kecamatan Inobonto, Kabupaten Bolmong, berhasil diselamatkan tim gabungan, Selasa (12/2/2019).
Korban Hendra Palandatu (35) dan Rinto Papanta (29) ditemukan dalam kondisi selamat di perairan Inobonto, pada koordinat 0°54’55” N – 123°59’01” E.
Hendra mengatakan, perahu mereka diterjang ombak tinggi pada Senin (11/2/2019) siang. “Ombak datang sekejap dan langsung merusak perahu. Padahal kami sudah berencana pulang,” ucap Hendra yang masih dalam kondisi basah kuyup bersama Rinto yang terlihat masih trauma.
Operasi penyelamatan dilakukan setelah Pos Siaga SAR Kotamobagu mendapat laporan dari Frangki Tindake selaku keluarga korban.
Dia mengatakan, Hendra dan Rinto pergi melaut menggunakan perahu katinting warna abu-abu dengan panjang 6 meter. Mereka berangkat pada Senin (11/2/2019) pukul 04.00 Wita dini hari.
Namun hingga Selasa ini belum kembali. “Padahal jika mencari ikan, mereka biasanya kembali pada sore hari,” sebut Tindake.
Mendapat informasi tersebut Pos Siaga SAR Kotamobagu langsung bergerak ke lokasi. Dijelaskan Koordinator Pos Siaga SAR Kotamobagu Rusmadi, tim rescue langsung menyisir titik heading 311,91°, melewati darat dengan jarak 30,03 Km dan waktu tempuh 60 menit.
“Keduanya akhirnya ditemukan selamat setelah perahu yang digunakan terbalik dihantam ombak,” sebut Rusmadi, sembari mengatakan, unsur yang terlibat pada pencarian dan pertolongan kali ini yaitu Pos Siaga SAR Kotamobagu, Polsek Bolaang, Koramil Bolaang, BPBD Bolmong, KPLP Labuan Uki, pemerintah setempat dan sejumlah masyarakat.
Rusmadi mengimbau, para nelayan tidak beraktivitas melaut. “Karena sesuai informasi BMKG, kondisi cuaca hingga beberapa hari ke depan masih ekstrim,” kuncinya.
(*/redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here