Operasi Gaktib dan Yustisi POM Berlangsung 120 Hari

0
1126
Personel polisi militer dari 3 matra di wilayah Kodam XIII/Merdeka siap menjalankan Operasi Gaktib dan Yustisi Tahun 2019.
MANADO-Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) dan Yustisi Polisi Militer (POM) Tahun 2019 digelar selama 120 hari ke depan.
Hal tersebut dikatakan Kepala Staf Kodam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan usai memimpin upacara pembukaan Operasi Gaktib dan Yustisi POM di Lapangan Upacara Kodam XIII/Merdeka, Jumat (8/2/2019).
Untuk personel inti dalam operasi ini, terdiri dari TNI AD 100 personel, TNI AL 30 personel, dan TNI AU 25 prajurit.
Menurut Setyawan, prinsip operasi ini ingin mengeliminir dan mereduksi pelanggaran prajurit TNI. Baik itu, yang masuk ranah disiplin, pidana, maupun pelanggaran-pelanggaran lainnya.
Lanjut Kasdam, Panglima TNI menekankan supaya Operasi Gaktib dan Yustisi kali ini mengikuti pedoman yang sudah dijabarkan.
Kasdam Brigjen TNI Fajar Setyawan (kedua kiri) memeriksa pasukan.
Kasdam Brigjen TNI Fajar Setyawan (kedua kiri) memeriksa pasukan.
Pertama, tingkatkan pemahaman dan kepatuhan atas hukum serta aturan yang berlaku. Laksanakan sinergi dan kerjasama yang baik dengan stakeholder lain
Kedua, pegang teguh komitmen netralitas TNI sehingga pesta demokrasi berjalan aman, lancar, damai, dan sukses.
Ketiga, sikapi secara cerdas setiap perkembangan yang ada. Termasuk hoaks, upaya adu domba, provokasi, penyalahgunaan media sosial dan serangan siber.
Keempat, para komandan satuan agar memberikan dukungan penuh demi suksesnya penyelenggaraan operasi ini.
Kelima, pelihara dan tingkatkan kemanunggalan dengan rakyat, agar terwujud Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.
(*/redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here