Kunjungi Pulau Miangas, Kapolda Dan KPU Sulut Gelar Sosialisasi Dan Cek Pengamanan Pemilu 2019

0
44
KPU Sulut bersama Kapolda Sulut berkunjung ke Pulau Miangas untuk menggelar sosialisasi dan mengecek tempat penyimpanan logistik, rencana lokasi TPS serta melakukan pengecekan kesiapan personil pengamanan Pemilu.

NUSA UTARA- Untuk menuju pemilu 2019 yang sukses dan berkualitas, berbagai langkah taktis dan strategis terus digeber KPU Sulawesi Utara. Perhatian pun dicurahkan lembaga penyelenggara Pemilu ini dibawah pimpinan Ketuanya, Ardilles Mewoh untuk daerah-daerah yang berkebutuhan khusus dikarenakan letak geografinya

Untuk itu, KPU Sulut bersama Kapolda Sulut bersama-sama mengunjungi Pulau Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud, Minggu (10/2/2019).

Dilihat dari letak geografisnya, Pulau Miangas merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan negara tetangga Fillipina. Pulau ini merupakan salah satu wilayah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Talaud dengan hanya memiliki satu desa. Pemilih terdaftar dalam DPT berjumlah 529 orang yang terdistribusi di 2 TPS.

Sosialisasi pemilu 2019 di Pulau Miangas.
Sosialisasi pemilu 2019 di Pulau Miangas.

Ketua KPU sulut Ardilles Mewoh, menjelaskan jika pihaknya memberi perhatian khusus pada Pulau Miangas mengingat akses informasi dan transportasi yang berbeda dengan daerah lainnya, sekalipun jumlah pemilih hanya 529 orang.

“Meski jumlah pemilih di Miangas tak sebanding dengan daerah lain, namun bagi kami harus tetap dijaga sama dengan dengan daerah dengan jumlah pemilih besar. Untuk itu, pemilih di Miangas harus tersentuh sosialisasi Pemilu agar supaya mereka dapat menggunakan hak pilih dengan benar dan suaranya menjadi berarti,” jelas Mewoh.

Lanjut dilakatannya, KPU Sulut bukan hanya mengejar kuantitas partisipasi tetapi kualitas juga menjadi perhatian.

Dalam kesempatan ini, KPU Sulut juga menggelar sosialisasi bertajuk, “Sukses Pemilu dari Gerbang Utara NKRI”.

Sememtara, menurut Ketua Divisi sosialisasi dan SDM, salman Saelangi, penekanan dalam sosialisasi yang disampaikan pihaknya adalah difokuskan pada kesadaran untuk menggunakan hak pilih, prosedur penggunaan hak pilih, proses pindah memilih serta aspek teknis lainnya.

Selain sosialisasi, jajaran KPU sulut, Kapolda dan KPU talaud didampingi PPK kecamatan Miangas meninjau rencana tempat penyimpanan logistik, rencana lokasi TPS serta melakukan pengecekan kesiapan personil pengamanan Pemilu.

Hadir juga dalam kesempatan ini, komisioner KPU sulut Lanny Ointu dan Meidy Tinangon, Kasubag Teknis dan Parmas Ruddy Lalonsang, Kasubag Program dan Data, Ferdynand Raintung, Jajaran Polda Sulut dan Polres Talaud, KPU Talaud, PPK dan PPS Miangas.

(***/Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here