Di Depan Ratusan Pengemudi, Menhub Janjikan Regulasi Untuk Angkutan Online

0
79
Ratusan Mitra ojek online Gojek menggeruduk kantor Gojek di Blok M Plaza, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadimenyinggung tentang rencana adanya aturan bagi ojek daring atau online saat menghadiri Silahturahmi Nasional (Silatnas) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan ratusan pengemudi ojek online di JIexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).

Nantinya, ojek online akan memiliki regulasi khusus sama dengan taksi online yang telah memiliki aturan dalam Peraturan Menteri Nomor 118 tahun 2018 tentang Angkutan Online.

“Kita sudah membuat PM 118 tahun 2018 dan sekarang kami sedang membahas aturan ojek online,” kata Budi Karya Sumadi, di JIexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).

Regulasi untuk ojek online ini memang telah lama dinantikan oleh para pengemudi ojek online yang kerap menjadi tuntutan saat mereka melakukan aksi unjuk rasa.

Namun sebelumnya, pemerintah masih engan membuat aturan untuk ojek onlinedengan alasan keamanan.

Lalu dengan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk dengan aplikator penyedia jasa ojek online maupun pengemudi akhirnya aturan ojek online tersebut mulai dirancang.

Maka nantinya, Budi Karya Sumadiberharap adanya aturan untuk ojek onlinedapat menimbulkan kesetaraan antara ojek online dan taksi online.

“Maka kami akan mengeluarkan aturan tentang kesetaraan,” ungkap Budi Karya Sumadi,

Selain itu tentunya diharapkan menimbulkan kondisi yang baik bagi aplikator dan pengemudi.

“Sehingga nantinya situasi kondisi antara aplikator dan penumpang bisa berjalan baik,” tutur Budi Karya Sumadi.

Pada regulasi untuk ojek online tersebut, Budi Karya Sumadi menyebutkan akan mengutamakan aturan yang menyangkut keamanan seperti penggunaan helm dan larangan penggunaan handphone saat sopir sedang mengemudi.

“Pada umumnya kita mengedepankan keselamatan. Seperti penggunaan helm, penggunaan handphone saat mengendarai ini dilarang. Karena ini demi keselamatan kita semua,” papar Budi Karya Sumadi.

(Sumber:Tribunnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here