Nilai PKH Bervariasi, Mulai 2,6-9,6 Juta per Keluarga

0
164
Presiden Jokowi didampingi Menteri Sosial Agus Gumiwang (kiri), usai peluncuran PKH 2019. (foto: Humas Setkab)
JAKARTA-Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2019 dipastikan tertawa lebar. Karena anggaran PKH melompat tinggi menjadi Rp32 triliun. Dan penerimanya juga bertambah 10 juta keluarga.
Presiden Joko Widodo mengatakan agar penerima PKH tidak kaget. Sebab untuk tahun ini bervariasi nilai yang diterima.
Maksimal dapat Rp9,6 juta karena ibu hamil anaknya ada, lansianya juga ada. Tapi ada pula yang dapat Rp3,7 juta, Rp2,7 juta, dan Rp2,6 juta.
“Kalau dulu semuanya sama Rp1.890.000,” sebut Jokowi, usai peluncuran penyaluran bantuan sosial PKH, Kamis (10/1/2019), di Jakarta.
Jokowi juga meminta agar para pendamping PKH melihat betul kegunaan dari uang-uang yang ada. Harus produktif misalnya untuk beli telur, ikan, buku, seragam anak, sepatu, dan kebutuhan sekolah anak.
Jokowi pun dengan tegas mengingatkan agar uang ini digunakan secara hati-hati. Karena sesuai perjanjian di 2015, penggunaan yang melenceng dari yang ditentukan maka kartunya dicabut.
“Karena ini menyangkut uang yang harus kita pertanggungjawabkan di APBN. Uangnya gede sekali Rp32 triliun yang kita berikan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, di seluruh tanah air,” ujar Jokowi.
Dirinya menambahkan, 10 juta penerima manfaat PKH sudah bisa mengambil dananya. Karena anggaran sebesar Rp12 triliun sudah disalurkan ke bank-bank penyalur.
Mengenai jumlah penerima PKH tahun 2018 yang telah lulus, Presiden menyatakan ada 200 ribu. Sedangkan target untuk tahun 2019, Presiden mengaku inginnya lulus semua.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here