GM Bandara Prediksi 22 Desember Puncak Arus Mudik ke Manado

0
108
GM Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus ET Gandeguai (paling kiri) berdiskusi dengan Wagub Sulut Steven Kandouw di Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru 2018/2019.
MANADO-General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus ET Gandeguai memperkirakan puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan terjadi pada Sabtu (22/12/2018). Sedangkan puncak arus balik pada 6 Januari 2019 mendatang.
Mengantisipasi hal tersebut, kata Minggus, Bandara Sam Ratulangi telah membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru 2018/2019.
Posko Nataru ini merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka memonitor serta memastikan kelancaran, keamanan serta keselamatan para pengguna jasa angkutan udara yang tiba maupun berangkat melalui Bandara Sam Ratulangi Manado.
Di sisi lain, Minggus menjelaskan, periode Januari-November 2018 telah melayani sebanyak 2.544.734 penumpang atau naik 4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Sedangkan untuk wisatawan asing yang masuk ke Sulawesi Utara melalui Bandara Sam Ratulangi Manado mengalami kenaikan mencapai 63% atau sebesar 115.838 Wisman.
Minggus menambahkan, tercatat selama periode Nataru 2017 terdapat pergerakan penumpang sebesar 187 ribu, pesawat sebesar 1.700 dan kargo sebesar 1.032 ton.
“Diproyeksikan pada periode Nataru tahun ini terdapat peningkatan arus penumpang sebesar 2 persen, pergerakan pesawat sebesar -5 persen, dan kargo sebesar 4 persen,” tandasnya.
Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven OE Kandouw mengapresiasi kesiapan Bandara Sam Ratulangi Manado melayani masyarakat menjelang Hari Raya Natal 2018.
“Jadi saya harapkan baik pihak Otoritas Bandara dan GM Bandara, agar mengawal betul-betul keselamatan para pengguna jasa. Baik dari sistem penerbangannya secara teknis, bahkan pilotnya harus dikawal. Karena keselamatan penumpang itu penting,”┬ákata Kandouw saat memantau Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru di Bandara Sam Ratulangi Manado, Kamis (20/12/2018) lalu.
Terkait untuk delay penerbangan, dirinya menyebutkan tetap ada regulasi dan ada kompensasi sesuai aturan.
“Saya pastikan untuk Airport Bandara Sam Ratulangi ini, aman dan nyaman untuk para konsumen,” ujarnya.
Kandouw berpesan, kesiapan bandara ini harus dipertahankan agar masyarakat yang akan pergi ataupun datang melalui bandara dapat dilayani secara optimal.
Jadikanlah Sulut tempat kunjungan para wisatawan. Dimulai dari pelayanan prima, nyaman dan aman dari pintu masuk bandara. Pemprov Sulut juga akan terus memantau kondisi ini agar pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan lancar.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here