SAS Ajak Bela Negara di Berbagai Bidang

0
44
Wawali SAS bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Bela Negara Tahun 2018.
TOMOHON-Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon Syerly A Sompotan (SAS) menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Bela Negara tahun 2018. Bertempat di Stadion Babe Palar Tomohon, Kamis (20/12/2018).
Dalam amanat tertulis Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo yang dibacakan Wawali SAS, menyampaikan bahwa penetapan peristiwa bersejarah ini sebagai Hari Bela Negara merupakan penegasan, bahwa Bela Negara sejak dulu telah memiliki konteks sangat luas.
Bela Negara tidak dapat hanya dilakukan tanpa kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi.
Segenap aparatur negara baik sipil maupun militer yang tengah berjuang melakukan tugasnya di pelosok tanah air, sesungguhnya sedang melakukan Bela Negara.
Merekalah yang telah membuat republik ini bisa tetap eksis untuk hadir melayani rakyatnya.
Di tengah banyaknya tantangan yang melintas batas ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan nasional, bangsa lain telah semakin jauh memasuki era robotik.
Kita patut bersyukur, tahun ini negara kita sudah memulai langkah dengan merampungkan roadmap industri 4.0.
“Saya tegaskan bahwa roadmap ini bukan untuk gagah-gagahan. Roadmap ini pun dapat dianggap sebagai manifestasi bela negara,” ujarnya.
Lanjut SAS, roadmap ini mengakselerasi kesiapan rakyat menghadapi era robotik. Era di mana ratusan ribu jenis pekerjaan manual akan digantikan oleh teknologi- teknologi disruptif.
Kita juga telah membuktikan bahwa bela negara tetap harus menjadi kerjasama dan kerja bersama segenap elemen bangsa dan negara.
Kesadaran Bela Negara, nilai-nilai luhur bangsa, kearifan lokal dan keaslian lingkungan hidup kita, jelas tidak mungkin diserahkan kepada kecerdasan buatan.
Yang justru sangat tergantung ketersediaan alat, koneksi jaringan dan listrik. Semuanya harus ditanamkan dalam jiwa dan raga segenap bangsa indonesia sejak dini.
Antara lain melalui kewajiban mengikuti pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, serta nasional berupa Bela Negara di berbagai bidang.
Diperlukan cara-cara inovatif serta adaptif dengan perkembangan zaman. Agar anak- anak muda kita mendapatkan ruang untuk mengekspresikan kecintaannya pada tanah air. Sebab merekalah yang akan menahkodai kapal besar Republik Indonesia di masa depan.
Diketahui, hadir pada upacara tersebut di antaranya Sekretaris Daerah Ir Harold V Lolowang MSc, Para Asisten, Dandim 1302 Minahasa diwakili Perwira Penghubung Mayor Inf Fecky Welang, anggota FKUB Ustad Zamroni Khan, serta seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.
(Jeffry Sigar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here