Pemkab Sangihe Nilai Tenaga Nusantara Sehat Jawab Kebutuhan

0
233
Bupati Sangihe Jabes Gaghana (kedua kanan) dan Wakil Bupati Helmud Hontong (paling kanan) saat menjamu tim ekspedisi Nusantara Sehat di rumah jabatan bupati di Kota Tahuna.

TAHUNA — Tim Ekspedisi Nusantara Sehat setibanya di Kabupaten Kepulauan Sangihe langsung dijamu Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Wakil Bupati Helmud Hontong di rumah jabatan bupati, Jumat (14/12/2018).

Gaghana menuturkan kehadiran para tenaga Nusantara Sehat di pulau-pulau terluar seperti Marore, Nusa Tabukan, dan Kahakitang, sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Program ini juga membantu Pemkab Sangihe untuk menghadirkan pelayanan kesehatan secara optimal. Apalagi pengusulan formasi CPNS dokter spesialis dan dokter gigi baru-baru ini tidak ada peminat,” tandas Jabes.

Koordinator Tim Ekspedisi Nusantara Sehat Kepulauan Sangihe dr Mawari Edy MEpid mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kesediaan kepala daerah menyambut tim ekspedisi ini.

Edy pun bakal mempromosikan Kabupaten Sangihe supaya lebih menarik minat bagi para tenaga kesehatan.

Karena Edy mengakui, para tenaga kesehatan jika ditawarkan mengabdi di daerah terpencil dan perbatasan, masih menganggap bakal sengsara.

“Padahal daerah seperti Sangihe ini sangat baik suasananya. Ditopang akses transportasi semakin maju dengan adanya bandar udara,” sebut Kepala Bidang Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) Dalam Negeri, Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan Kemenkes RI.

Pada pertemuan tersebut, turut hadir Kasubid Pendayagunaan SDM Kesehatan Daerah Khusus Pusrengun SDM Kesehatan RR Endah Khristanti SKM MKM, Wakil Bupati Helmud Hontong, Kadis Kesehatan Sangihe dr Jopy Thungari, Kepala Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan Dinkes Sulut Heru Pratikto SKM, dan anggota tim ekspedisi Nusantara Sehat.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here