Tumpas GPK, Dinamika Latihan Posko II Yonif 713/ST Berhasil Sempurna

0
175
Salah satu metode koordinasi pelaksanaan strategi perang mengalahkan GPK.

GORONTALO — Latihan Posko II Batalyon Infanteri (Yonif) 713/Satya Tama selama tiga hari berjalan sesuai skenario.

Simulasi di lapangan wilayah Tapa Konpleks, dibuat seakan para tentara berada di medan tempur untuk menumpas sekelompok orang bersenjata.

Dipimpin Komandan Batalyon Mayor Inf Dony Gredinand berbagai strategi dipelajari supaya mampu menguasai operasi penumpasan Gerakan Pengacau Keamanan (GPK).

Dinamika latihan pada hari kedua dan ketiga yang dipandu Dankima Yonif 7123/Satya Tama Lettu Inf Manuel, banyak melibatkan unsur pelayan di Mako Yonif serta Kompi-Kompi yang ada di medan perang. Baik itu pos tempur maupun pos teritorial di sektor masing-masing Kompi Senapan.

Dalam amanat Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw yang disampaikan Kasrem, menekankan bahwa Latihan Posko II yang baru saja diselesaikan ini berarti para komandan, staf dan unsur pelayan markas di Yonif 713/Satya Tama telah memiliki tambahan bekal serta kemampuan.

Diharapkan, taktik, teknik, dan prosedur pemberian bantuan administrasi guna operasi militer perang bisa diaplikasikan.

Ini penting untuk diperhatikan mengingat potensi ancaman mendatang semakin kompleks dan sulit diprediksi.

“Sebab itu menjadi tantangan tersendiri bagi kita, sehingga diperlukan profesionalitas dalam penanganan. Fenomena seperti ini jika tidak ditanggapi secara cepat dan proporsional, pada gilirannya akan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat,” ujar Kasrem.

Sehingga mengharuskan kita untuk lebih memacu cara berpikir dan bertindak secara terintegrasi dalam mencermati persoalan yang terjadi.

Kepada pihak penyelenggara serta seluruh komponen terkait, dia mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya atas terlaksana Latihan Posko II Yonif 713/Satya Tama.

“Kepada para wasit dan pengendali, saya juga menyampaikan terima kasih atas tanggung jawab dan kerja kerasnya, sehingga latihan dapat berjalan sesuai rencana. Dan bisa dijadikan masukan guna penyempurnaan serta perbaikan penyelenggaraan Latihan Posko di masa mendatang,” pungkas Kasrem.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here