Macarau Optimis Pemkab Minut Mampu Pertahankan WTP

0
13
Perus Macarau

MINUT— Opini Wajar tanpa pengecualian (biasa disingkat WTP) adalah opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Jika laporan keuangan diberikan opini jenis ini, artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, perusahaan/pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan. Meraih Opini WTP dari BPK RI menjadi tujuan utama dari setiap pengelola Keuangan di daerah, sebab dengan meraih opini WTP suatu daerah dianggap baik dalam pengelolaan keuangannya dan bersih dari berbagai penyimpangan pengelolaan keuangan.

Hal ini dikatakan Plt Kepala Badan Keuangan Pemkab Minut Petrus Macarau. Menurutnya, dengan meraih opini WTP, sudah bisa dipastikan bahwa pengelolaan keuangan suatu daerah dinilai berjalan dengan baik.

Diketahui, Pemkab Minut telah meraih 3 kali berturut-turut opini WTP dari BPK RI. Untuk itu, Macarau pun sesumbar untuk bisa mempertahankan opini WTP untuk yang keempat kalinya.

“Saya optimis, Pemkab Minut bisa mempertahankan opini WTP dan meraih untuk yang keempat kalinya. Untuk itu Badan Keuangan Pemkab Minut, berupaya untuk selalu bersinergi dengan SKPD-SKPD lainnya dalam rangka menyusun laporan keuangan SKPD,” kata Macarau disela-sela Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), di Sutan Raja Hotel Kalawat, Selasa (4/12/2019) lalu.

Lanjutnya, Badan Keuangan Pemkab Minut sendiri berupaya untuk mewujudkan opini WTP dengan berbagai cara, misalnya melakukan sosialisasi, menggelar Bimtek seperti hari ini, pendampingan dalam penyusuna pelaporan keuangan dan lain-lain.

(Budi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here