Ketua MPR Minta Pemerintah Lebih Tegas di Papua terkait Penembakan Pekerja oleh Pemberontak

0
420
Senjata OPM. ©2018 istimewa

JAKARTA — Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menyayangkan aksi penembakan terhadap sejumlah pekerja proyek Istaka Karya yang sedang membangun jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Pelaku penembakan diduga kelompok pemberontak Papua.

Menurutnya, peristiwa ini bukan sekali ini saja terjadi dan memakan korban jiwa. Zulkifli mengharapkan aparat keamanan lebih sigap menjaga wilayah Indonesia agar tak terjadi konflik termasuk Papua.

“Memang saya kira Papua itu harus ada sikap yang jelas, tegas dari pemerintah, dari aparat keamanan kita,” tegas Zulkifli di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (4/12).

“Termasuk peristiwa Surabaya (teroris) lalu, peristiwa ini harus ada sikap tegas, tetapi tentu betul-betul harus sesuai dengan koridor hukum yang ada,” ucapnya.

Sebelumnya, Polri menyayangkan peristiwa penembakan terhadap 31 pekerja di Papua. Sebab, para pekerja tersebut tengah berupaya membangun wilayah Papua.

“Kita sangat menyayangkan aksi dari KKB. Bayangkan ini adalah pekerja yang ingin membangun Papua, mensejahterakan Papua, mereka (KKB) melakukan tindakan keji itu. Bayangkan Pekerja yang tidak berdosa sedang membangun jalan, pelabuhan, fasilitas publik. Kita tidak tahu motifnya apa dilakukan penembakan yang mengakibatkan kematian,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen M. Iqbal kepada wartawan di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (4/12).

Polri bersama TNI sepakat mengejar pelaku untuk ditindak tegas. “Kita (Polri) dan TNI akan bertindak tegas. Kita akan kejar,” tegas Iqbal.

(sumber: merdeka.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here