Kasrem 131/Santiago Buka Latihan Penanggulangan Bencana Gunung Soputan

0
139
Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Theo Kawatu menjadi inspektur upacara.

MINSEL-Latihan penanggulangan bencana erupsi Gunung Soputan dibuka Kepala Staf Korem (Kasrem) 131/Santiago Kolonel Inf Theo Kawatu, di Lapangan Sepak Bola Kompi Senapan C Yonif Raider 712/Wiratama, Senin (3/12/2018) pukul 08.45 Wita.

Kegiatan ini digelar guna mendukung tugas pokok Kodam XIII/Merdeka dan Korem 131/Santiago. Kerja sama antara Pemkab Minahasa Selatan dan Kodim 1302/Minahasa.

Dalam amanat tertulisnya, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri berharap pelaksanaan latihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan seluruh peserta dalam merencanakan operasi bantuan kepada masyarakat.

Juga dapat mengantisipasi situasi dan kondisi guna menanggulangi bencana alam yang berpotensi terjadi.

Lanjutnya, latihan yang akan berlangsung selama 5 hari ini, dirancang menggunakan metode taktis dengan pasukan yang dikendalikan. Dan diikuti oleh para peserta dan unsur-unsur pendukung lain.

“Pengendalian operasi dalam memperoleh daerah konsentrasi massa, membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, mengevakuasi, serta mengimbau, menyosialisasikan dan berkoordinasi baik dengan unsur terkait,” ujarnya.

Kasrem menambahkan, usahakan agar semua kegiatan berjalan tepat waktu dan mencapai sasaran yang diharapkan.

Supaya memberikan kontribusi positif bagi peningkatan profesionalisme seluruh peserta yang terlibat.

Hadir juga pada upacara pembukaan, Kasi Intel Kolonel Arm Sugeng Riyadi, Kasi Pers Kolonel Inf Arief Bastari SIP, Kasi Log Kolonel Arm Gunawan SSos MT, Kasi Ren Kolonel Czi M Andy Kusuma SIP MM, Dandenpom Letkol CPM Eko, Dandim 1309/Manado Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan SE, serta para Balak Aju Kodam XIII/Merdeka maupun Balak Korem 131/Santiago.

Di lingkup Kodim 1302/Minahasa yang membawahi Kabupaten Minahasa Selatan, yaitu Plh Dandim 1302/Minahasa Mayor Inf Maudin Purba SSos, para Danramil dan anggota Kodim 1302/Minahasa, serta perwakilan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here