Prajurit dan PNS Korem 133/Nani Wartabone Evaluasi Diri Maknai Hikmah Maulid

0
129
Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M di Makorem 133/Nani Wartabone.

GORONTALO — Peringatan hari besar keagamaan diharapkan dapat memberi arti maupun nilai tambah dalam mengevaluasi diri oleh para prajurit maupun PNS Korem 133/Nani Wartabone.

Hal tersebut ditekankan Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kasipers Mayor Arm Mansur Siau, saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 Masehi di Aula Kusno Danupoyo Makorem 133/Nani Wartabone, Selasa (27/11/2018).

Kasipers Korem 133/Nani Wartabone Mayor Arm Mansur Siau membacakan sambutan tertulis Danrem.
Kasipers Korem 133/Nani Wartabone Mayor Arm Mansur Siau membacakan sambutan tertulis Danrem.

Lanjutnya, khusus bagi umat Islam kiranya dapat meneladani kepribadian Rasulullah SAW pada berbagai dimensi kehidupan.

Keimanan dan ketaqwaan setiap insan manusia perlu mendapat perhatian yang khusus bagi pribadi masing-masing individu. Sehingga tetap terjalin hubungan antar manusia dengan Allah SWT (Hablunminnalloh) dan antar manusia dengan manusia (Hablunminnanas).

Agar memperoleh nilai positif bagi setiap insan dan selalu dirahmati Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam kegiatan yang dikoordinir Kepala Pembinaan Mental (Bintal) Kapten Inf Aris tersebut, hikmah maulid dibawakan oleh Ustad Hi Muh Bakari SAg MM.

Bakari menyampaikan, dalam risalah keislaman disebut bahwa keberadaan Rasulullah SAW di muka bumi ini adalah sebagai rahmat kepada seluruh alam semesta (rahmatan lil ‘alamin).

Dengan membawa amanah dari Allah SWT yang isi dan tujuannya adalah untuk keselamatan, kedamaian, kasih sayang dan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Salah satu sikap dasar dan perilaku utama dari Rasulullah Saw yang harus senantiasa kita teladani adalah perilaku istiqomah (konsisten dan disiplin).

Juga sikap untuk selalu mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Konsistensi dalam berdisiplin pada setiap pelaksanaan tugas yang diemban hendaknya menjadi budaya segenap Prajurit dan PNS jajaran Korem 133/Nani Wartabone dalam kehidupan sehari-hari.

Perilaku disiplin seharusnya bukan semata-mata karena tuntutan kedinasan, tetapi merupakan wujud pengamalan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Makna lain yang dapat kita petik dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini adalah sebagai sarana silaturahim.

Untuk lebih memantapkan dan menumbuhkembangkan rasa kebersamaan, soliditas, dan solidaritas di antara sesama prajurit dan PNS Korem 133/Nani Wartabone.

Selain menekankan amalan ibadah kepada Allah SWT (hablum minalloh), agama Islam yang diajarkan oleh Rasulullah SAW juga menekankan sikap kebersamaan dan kekompakan, yang dilandasi oleh akhlak terpuji dan mulia di antara sesama umat manusia (hablum minannas).

Hal ini sejalan dengan tema peringatan kali ini, yakni ‘Jadikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M Sebagai Suri Teladan Bagi Prajurit dan PNS TNI AD Yang Berjiwa Kesatria, Militan, Loyal, Profesional, Modern dan Manunggal Dengan Rakyat’.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here