LSI Sarankan Ini ke Prabowo-Sandiaga terkait Elektabilitas yang Tertinggal 20 Persen

0
57
Jokowi dan Prabowo.(Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres)

JAKARTA — Kontestasi pemilihan presiden telah memasuki dua bulan masa kampanye. Namun hingga kini, belum ada perubahan signifikan terkait elektabilitas antara kedua paslon yang bertarung.

Setidaknya fakta itu terpotret dari hasil temuan nasional terbaru dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada 10-19 November 2018. Hasilnya, paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf masih unggul jauh dari paslon rivalnya Prabowo-Sandiaga.

Paslon petahana unggul dengan perolehan suara sebesar 53.2 persen, sedangkan paslon oposisi masih pada posisi sebesar 31,2 persen suara. Sementara itu, masih ada sekitar 15,6 persen pemilih yang belum menentukan pilihan.

“Dua bulan masa kampanye, Jokowi-Ma’ruf stabil unggul di atas 20 persen terhadap Prabowo-Sandi,” Peneliti Senior LSI Adrian Sopa dalam paparannya di Kantornya, Jakarta, Selasa (27/11).

Menurut Adrian, saat ini masih ada pekerjaan rumah (PR) besar bagi Prabowo-Sandiaga untuk mengejar ketertinggalan. Salah satunya dengan melakukan perang gagasan dengan paslon petahana. Paslon yang disingkat PADI itu harus membuat kebijakan alternatif yang berbeda dari yang ditawarkan oleh Jokowi-Ma’ruf.

“Bagaimana memperlihatkan bahwa dia (Prabowo-Sandiaga) punya tawaran lebih baik daripada yang ditawarkan oleh Pak Jokowi. Pak Prabowo harus memunculkan gagasan sehingga memang ‘oh jalan yang untuk mensejahterakan bukan ini loh’ tapi jalan yang ingin dicapai pak Prabowo,” ungkap dia.

“Kalau misalkan enggak ada perbedaan saya yakin masyarakat tidak akan terpengaruh. Tetapi kalau adil dan makmur bisa berbeda dengan petahana itu bisa melampaui elektabilitas petahana,” sambungnya.

Sebagai informasi, survei dilakukan pada 10-19 nopember 2018 dengan metode multistage random sampling. Survei melibatkan 1200 responden melalui wawancara tatap muka di 34 provinsi, margin of error 2,9 persen.

(sumber: JawaPos.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here