Pameran HKN Dinkes Sulut Ciptakan Generasi Sehat dan Cerdas

0
96
Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo MSc PH (kiri) memantau layanan di stan pemeriksaan mata.

MANADO — Pameran Kesehatan menjadi momentum bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Utara menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018.

Kepala Dinkes Sulut dr Debie Kalalo MSc PH pun bersyukur perhelatan pameran kesehatan di Atrium Star Square, Bahu Mall, Manado, disambut antusias masyarakat Sulut.

Terbukti dengan berjubelnya pengunjung di setiap stan untuk mendapat layanan secara cuma-cuma.

Baik itu pemeriksaan fisik berupa cek kadar gula darah, kolesterol, asam urat, periksa mata, tekanan darah, hepatitis, kadar CO2 (karbon dioksida), maupun kesehatan mental.

Menurut dr Debie, masyarakat Sulawesi Utara harus menjadi generasi yang sehat dan cerdas. Sebab itu perlu kesadaran dari setiap orang untuk peduli terhasap kondisi kesehatannya.

Di sisi lain, Dinkes juga perlu dukungan semua pihak untuk menggelorakan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS).

Karenanya, dalam pameran ini Dinkes mengadakan talkshow yang memberikan kesempatan bagi setiap organisasi profesi kesehatan.

Di antaranya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi).

“Dinkes menggandeng organisasi profesi kesehatan di Sulawesi Utara, karena mereka memiliki sumber daya manusia yang sangat banyak untuk menjadi ujung tombak suksesnya program-program di bidang kesehatan,” tandas dr Debie.

Sementara itu, Ketua Panitia HKN ke-54 dr Steaven Dandel MPH menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan rangkaian kegiatan HKN ke-54 sepanjang Bulan November ini.

“Semoga tema HKN ke-54 yaitu Aku Cinta Sehat dapat mengubah perilaku setiap orang supaya menjalankan hidup sehat mulai dari diri masing-masing,” imbuhnya.

Terpantau, pada iven yang bekerjasama dengan Koran Sindo Manado dan disponsori Alfamidi ini, diramaikan dengan lomba mewarnai, lomba fotografi, dan penampilan Melky Kandey kontestan The Voice Indonesia, serta DJ Harly.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here