Korem 133/Nani Wartabone Prakarsai Strategi Peningkatan Produksi Pangan

0
19
Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold Ritiauw membuka rapat koordinasi di Aula Markas Korem 133/Nani Wartabone, Kamis (8/11/2018) pukul 14.00 Wita.

GORONTALO-Peningkatan produksi pangan nasional terus diprioritaskan hingga ke daerah. Korem133/Nani Wartabone pun memprakarsai rapat koordinasi bekerja sama dengan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo untuk mengoptimalkan upaya khusus penambahan stok padi, jagung, dan kedelai (Pajale).

Menurut Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold Ritiauw, keterlibatan TNI AD dalam membantu pencapaian swasembada pangan merupakan amanat Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Khusus pada pasal 7 ayat (2) butir b poin 9, menyebutkan bahwa TNI membantu tugas pemerintah di daerah melalui partisipasinya mendorong peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Karena itu, Presiden Ir H Joko Widodo memerintahkan langsung terhadap TNI untuk menopang target pencapaian swasembada pangan yang menjadi sangat strategis bagi Indonesia saat ini.

Lanjut Ritiauw, program upaya khusus Pajale ini telah digalakkan selama tiga tahun belakangan.

Rapat koordinasi ini pada hakekatnya untuk kembali mengoordinasikan berbagai hal teknis. Sekaligus memberikan solusi atas berbagai kemungkinan hambatan yang dihadapi.

Percepatan peningkatan LTT (Luas Tambah Tanam) produksi Pajale menjadi fokus pada forum tersebut, guna merealisasikan nota kesepahaman bersama atau MoU (memorandum of understanding) antara Kasad dengan Menteri Pertanian RI.

“Korem 133/Nani Wartabone sebagai komando kewilayahan di Gorontalo selalu konsisten dan berkomitmen untuk membangun kerjasama dengan berbagai komponen terkait. Termasuk mengambil peran aktif dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah ini, dengan menjadikan Babinsa sebagai bagian dari penggerak pertanian di lapangan,” ucap Ritiauw.

Kita berharap melalui upaya-upaya konkrit yang akan dilakukan nanti, dapat memberikan kontribusi besar dan nyata guna menanggulangi keterbatasan cadangan pangan nasional.

Beberapa waktu lalu, Korem 133/Nani Wartabone telah melaksanakan penanaman padi serta panen perdana di Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo Utara di wilayah Kodim 1304/Gorontalo.

Diharapkan hal ini dapat dijadikan acuan bagi kabupaten lain yang belum untuk memacu pelaksanaan penanaman maupun panen padi.

“Saya berharap hal-hal teknis dan non teknis dapat dikoordinasikan supaya penerapan di lapangan terlaksana dengan sebaik-baiknya. Sehingga sekecil apapun kemungkinan hambatan yang timbul dapat diatasi secara bersama-sama,” pungkas Ritiauw.

Di akhir kegiatan, peserta Rakor Upsus memanfaatkan kesempatan untuk tanya jawab strategi peningkatan produksi.

Turut hadir, Kadistan Provinsi dan Kabupaten/Kota, para Kadis terkait, para Dandim jajaran Korem 133/Nani Wartabone, para Pasiter dan Danramil serta undangan lainnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here