Satgas TMMD 103 Gandeng Masyarakat Perkuat Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan

0
21
Masyarakat Pangolombian bersama Pabung Tomohon Mayor Inf Feky Welang (tengah)

TOMOHON-Penjabaran materi bela negara dan wawasan kebangsaan menjadi sasaran non fisik yang diberikan Satgas TMMD 103 kepada masyarakat Kelurahan Pangolombian.

Pabung Tomohon Kodim 1302/Minahasa Mayor Inf Feky Welang dalam pemaparannya mengatakan, bela negara bertujuan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, negara adalah organisasi politik terbesar yang menyatukan bangsa. Menjadi wadah penyaluran cita-cita mencapai tujuan bersama swluruh masyarakat.

Karena itu, pendidikan kesadaran bela negara harus terus digalakkan sebagai upaya untuk membentuk sikap dan perilaku warga negara Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Demi menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.

Di sisi lain, topik wawasan kebangsaan yang diangkat Danramil 1302-14/Amurang Kapten Inf Ferdinan Tedampa menekankan terkait cara pandang Bangsa Indonesia. Baik itu terhadap diri dan lingkungannya sebagai sebuah kesatuan yang utuh.

Kebangsaan memiliki unsur-unsur penting sebagai pengikat. Antara lain, psikologi, kebudayaan, sejarah dan masa depan, maupun politik.

Unsur psikologi diartikan bahwa manusia sebagai kelompok memiliki kesadaran bersama untuk membentuk kesatuan masyarakat dan mengedepankan kehendak untuk hidup bersama.

Unsur kebudayaan yaitu suatu bagian yang dilakukan secara turun-temurun alam sebuah masyarakat. Terdiri dari nilai sosial, religius, ilmu pengetahuan, intelektual maupun nilai artistik yang menjadi ciri khas masyarakat tersebut.

“Itupun erat kaitannya dengan perjuangan sejarah dan masa depan yang diinginkan. Termasuk unsur politik yang diartikan sebagai hak untuk menjalankan pemerintahan,” pungkasnya.

Sosialisasi ini pun berjalan baik dan sangat antusias diikuti masyarakat setempat.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here