Dinkes Sulut Pamerkan Inovasi Terbaik Puskesmas-RS ke Tingkat Nasional

0
115
Kadis Kesehatan Sulut dr Debie K.R Kalalo MSc PH.

JAKARTA-Dinas Kesehatan Sulawesi Utara bakal menampilkan sejumlah inovasi pelayanan di pameran pembangunan kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 dan produk kesehatan dalam negeri.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI pada Kamis-Sabtu (8-10/11/2018) ini, akan dipusatkan di Indonesia Convention Exhibition BSD, Tangerang.

Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo MSc PH mengatakan, untuk pelayanan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama akan diwakili oleh 3 inovasi terbaik.

Masing-masing, program Lababa (Lahir Bayi Bawa Akte) karya Puskesmas Nuangan Kabupaten Boltim, program Rica Roa karya Puskesmas Airmadidi Kabupaten Minut untuk pencegahan risiko anak stunting, serta program inovasi Ranting (Remaja Anti Stunting) karya Puskesmas Nusa Tabukan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Dinas Kesehatan pun bakal berupaya mempertahankan predikat terbaik pada pameran tingkat nasional, dengan kehadiran pelayanan terlengkap di tiga RS milik Provinsi Sulut.

Di antaranya, RSUD Tipe B Prov Sulut sebagai pusat rujukan tingkat provinsi, yang juga akan mengandalkan pelayanan kesehatan unggulan ginjal di wilayah Indonesia Timur.

Kemudian, RS Khusus Mata Sulawesi Utara yang disiapkan menjadi pusat rujukan kesehatan mata tingkat provinsi maupun di Indonesia Timur.

Dengan memberikan pelayanan kesehatan mata paripurna, mencakup operasi katarak tanpa jahitan dan operasi kelainan retina sebagai sebagai layanan unggulan.

Adapula RS Jiwa Prof VL Ratumbuysang sebagai pusat rujukan pelayanan kesehatan jiwa di Indonesia bagian Timur.

Yang menghadirkan pelayanan kesehatan jiwa paripurna, untuk meningkatkan kualitas hidup orang yang pernah menderita gangguan jiwa berat.

Ditambahkan dr Debie, beragam inovasi layanan tersebut dikombinasikan dengan komitmen Pemprov Sulut terhadap pencapaian Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK), eliminasi TBC, pencegahan stunting, serta peningkatan capaian imunisasi.

“Itu menjadi komitmen penuh Pemprov Sulut dibawah komando Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw untuk membangun keluarga sehat Sulawesi Utara,” tandas dr Debie.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here