Begini Kiprah Liaison Officer TNI AU di Kodam XIII/Merdeka

0
45
Letkol Pnb Andi Nur Abadi, Perwira LO TNI AU Kodam XIII/Merdeka.
MANADO-Salah satu jabatan strategis di Kodam XIII/Merdeka yang dilakukan pergeseran yaitu LO (Liaison Officer) TNI AU. Letkol Pnb Andi Nur Abadi dipercaya menggantikan Kolonel Pnb Abram Tumanduk.
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang menjelaskan, keberadaan LO TNI AU di Kodam sangat dibutuhkan untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugas.
LO sebagai perwira penghubung antara Kodam dengan angkatannya, bakal memberi saran tentang pendayagunaan dan penggunaan Alutsista yang dimiliki angkatannya.
Kemudian berkontribusi lebih besar dalam mendukung berbagai operasi yang digelar Kodam dalam rangka menegakkan kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.
“Contohnya saat terjadi bencana di Sulawesi Tengah waktu lalu, LO TNI AU yang memperlancar ketersediaan angkutan udara di Lanud Sam Ratulangi untuk pengiriman personel maupun bantuan fisik ke wilayah tersebut,” ujarnya.
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang memimpin serah terima jabatan Perwira LO TNI AU dari Kolonel Pnb Abram Tumanduk (paling kanan) kepada Letkol Pnb Andi Nur Abadi, 1 November 2018.
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang memimpin serah terima jabatan Perwira LO TNI AU dari Kolonel Pnb Abram Tumanduk (paling kanan) kepada Letkol Pnb Andi Nur Abadi, 1 November 2018.
Di sisi lain, ucap Mayjen Aritonang, jabatan ini juga menjadi peningkatan karir bagi pejabat baru maupun pejabat lama.
Karena diketahui, dari kepangkatan terhadap pejabat baru bakal naik menjadi kolonel (pangkat tertinggi perwira menengah dilambangkan tiga melati).
Sementara itu, Letkol Pnb Andi Nur Abadi pasca dilantik menyatakan syukur dan siap membantu Pangdam XIII/Merdeka di setiap pelaksanaan operasi maupun latihan.
“Juga mengembangkan teritorial kedirgantaraan di wilayah Kodam XIII/Merdeka agar seluruh tugas yang diembankan dapat terlaksana dengan baik,” tandas mantan Komandan Korps Siswa (Dankorsis) Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau) ini.
Perwira Pembimbing Terbaik Sekkau tersebut menambahkan, pengalamannya bertugas di wilayah Indonesia Timur karena pernah menjabat Danlanud Morotai dan beberapa daerah lain, juga menjadi pendukung baginya melaksanakan tugas sebagai LO TNI AU di Kodam XIII/Merdeka.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here