Musyawarah Pembentukan Pengurus Aliansi Jurnalist Minahasa Selatan (AJMS) Berjalan Lancar

0
101
- Musyawarah pembentukan pengurus Aliansi Jurnalist Minahasa Selatan (AJMS).

MINSEL – Musyawarah pembentukan pengurus Aliansi Jurnalist Minahasa Selatan (AJMS), yang bertempat di Rumah Makan Hello Amurang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), dan dihadiri oleh sekira 34 Wartawan Biro Minsel, baik Media Cetak, Online, Radio, dan Televisi, Kamis (1/11/2018), berjalan secara musyawarah mufakat.

Berdirinya Aliansi Jurnalist Minahasa Selatan (AJMS) ini bertujuan untuk mengakomodir para Wartawan Biro Minahasa Selatan, dalam perlindungan hukum dan organisasi saat sedang menjalankan tugas di lapangan.

Dalam musyawarah tersebut, ditetapkan AD/ART AJMS dan sekaligus juga pemilihan pengurus/presidium AJMS, serta Dewan Pembina AJMS. Musyawarah yang berlangsung penuh keakraban telah menghasilkan AD/ART dan aturan-aturan lainnya,  lalu dilanjutkan dengan pemilihan Presidium AJMS yang berjumlah 7 Orang dan Dewan Pembina AJMS dengan jumlah 5 Orang.

Salah satu penggagas dan masuk dalam presidium AJMS, Adolof Mamoto mengatakan sesuai dengan AD/ART dari AJMS, organisasi atau wadah ini dibentuk dengan maksud membentuk jurnalis Minahasa Selatan yang profesional, berkompeten, mandiri, serta memperjuangkan kebebasan pers dalam beraktivitas, seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999  tentang Pers.

“Tujuan dari dibentuknya AJMS ini yakni untuk memupuk rasa persatuan antar wartawan, membangun profesionalisme seorang wartawan/jurnalis dalam melaksanakan tugas, sebagai kontrol sosial, dan memperjuangkan kesejahteraan wartawan, AJMS beranggotakan wartawan produktif dari media yang aktif dan Profesional,” kata Adolof Mamoto, sambil menambahkan jika organisasi ini berdasarkan atau berazaskan Pancasila dan UUD 1945.

Berikut Ketujuh Orang Presidium AJMS yang terpilih;

  1. Rull Mantik
  2. Victor Rantumbanua
  3. Adolof Mamoto
  4. Hanny Pantow
  5. Junsem Saroinsong
  6. Vandy Talumepa
  7.  Onal Mamoto.

Dan Dewan pembina AJMS, Beranggotakan;

  1. Andris Pattyranie
  2. Aloysius Petrus
  3. Simon Manorek
  4. Christian Ngau
  5. Alon Rumagit.

Nantinya, struktur-struktur lainnya seperti bidang-bidang akan disusun oleh Presidium AJMS, untuk melengkapi daftar struktur AJMS.

“Mari kita bersatu, dalam wadah AJMS, dan menjadi seorang jurnalis Minahasa Selatan yang profesional, berkompeten, dan jadikanlah media sebagai Kontrol Sosial,” punkas Mamoto.

( Andy Runtunuwu )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here