Layanan Kesehatan Mata Makin Diakui, RSUP Kandou Tingkatkan Pemanfaatan Teknologi

0
61
Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Kandou dr Celestinus Munthe SpKJ MKes (keempat kiri) bersama Bagian Mata FK Unsrat/RSUP Kandou.

MANADO — Layanan kesehatan di poliklinik ilmu kesehatan mata RSUP (Rumah Sakit Umum Pusat) Prof Kandou terus diakui di wilayah Indonesia Timur.

Tak berpuas dengan perkembangan yang ada, RSUP Prof Kandou terus meningkatkan pemanfaatan teknologi untuk penanganan penyakit pada organ vital tersebut.

Seperti pemanfaatan OCT (Optical Coherence Tomography, OCTA (Optical Coherence Tomography Angiografi), Intravitreal Anti VEGF dan pemberdayaan LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) pada penanganan masalah di bagian retina.

Dalam kuliah tamu yang digelar di Ruang KSM Mata RSUP Prof Kandou, Rabu (31/10/2018) lalu, Direktur Medik dan Keperawatan dr Celestinus Munthe SpKJ MKes mengapresiasi diinisiasinya kegiatan tersebut.

Diharapkan, pengembangan sumber daya manusia dan ekstensifikasi serta perbaikan pelayanan di bidang kesehatan mata, dapat mengikuti perkembangan ilmu.

“Manajemen akan sangat menunjang kebutuhan di bagian pelayanan termasuk pengembangan keilmuan bagi para spesialis mata di wilayah Sulawesi Utara,” sebut Munthe.

Sementara itu, Ketua Bagian Ilmu Kesehatan Mata Dr dr Vera Sumual SpM (K), mengatakan pada kuliah umum menghadirkan ahli retina nasional yaitu dr Elvioza SpM (K).

“Kedatangan dr Elvioza adalah yang kedua kali. Setelah pada tahun lalu menjadi pembicara di iven Continuing Vitreo Retinal Education (CVRE),” kata Sumual.

Adanya kuliah umum ini, dia berharap akan terjadi sinergitas antara dokter fungsional, manajemen, dan para ahli.

Supaya menghasilkan perkembangan keilmuan, revolusi mental, dan peningkatan kualitas pelayanan yang komprehensif, sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, pengabdian, dan penelitian.

Terpantau, kuliah umum tersebut diikuti oleh para dokter spesialis mata, resident, dan co assisten di RSUP Prof Kandou.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here