52 Ha Lahan Perkebunan Terus Dikembangkan

0
29
Kepala Dinas Pertanian Wangke Karundeng bersama Dinas Perkebunan Sulut saat menggelar tapat koordinasi bersama camat dan kumtua.

MINUT — Sebanyak 52 hektare perkebunan di Minahasa Utara (Minut) terus dikembangkan. Bahkan, saat ini Dinas Pertanian Minut mulai melakukan pendataan terhadap tanah perkebunan di daerah ini.

Pendataan tersebut mengacu pada Undang-Undang nomor 39 tahun 2014 tentang Perkebunan. “Pendataan tanah perkebunan ini menguntungkan petani karena apa yang ditanam petani akan teregistrasi dan diketahui asal usul komoditi. Ketika panen gagal, petani dapat mengetahui bibit yang berkualitas pada masa tanam berikut,” ujar Kepala Dinas Pertanian Minut Ir Wangke Karundeng MSi dalam sosialisasi bersama para camat, hukum tua dan penyuluh pertanian, Rabu (17/10).

Dikatakan Wangke, 52 ha lahan perkebunan ini, ada yang dikelolah perorangan dan kelompok tani. Bahkan diberikan bantuan kepada para kelompok tani untuk terus mengembangkan perkebunan yang ada. “Pemerintah juga menyiapkan 80 tenaga penyuluh pertanian untuk membantu petani,” tukasnya.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, Kasie Pembinaan Felma Mukuan dari Dinas Perkebunan Provinsi Sulut.

Mukuan menjelaskan, semua usaha budidaya perkebunan rakyat di bawah 25 hektar harus didata.

“Dengan adanya penyuluh pertanian pihak kami sangat terbantu untuk data akurat lahan di bawah 25 hektar. Karena sampai saat ini datanya belum ada akibat luasnya lahan perkebunan di Sulawesi Utara dan masih ada masyarakat yang belum paham program ini,” kunci Mukuan.(Icad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here