Pra Rakerkesda Sulut Tinjau Perkembangan 7 Program Utama Tahun 2018

0
144
Pejabat Kementerian Kesehatan, Dinkes Sulut dan sejumlah undangan bersama peserta Pra Rakerkesda Sulut Tahun 2018.

MANADO-Rapat kerja dan evaluasi program kesehatan daerah Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2018 merupakan tindak lanjut Rakerkesnas dan untuk mempercepat pencapaian indikator-indikator target.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo MSc PH saat Pra Rakerkesda Sulut, di Ballroom Hotel Sintesa Peninsula, Selasa (16/10/2018).

Kalalo juga mengingatkan para peserta Rakerkesda untuk mengevaluasi capaian target di kabupaten/kota masing-masing sesuai tujuh program utama bidang kesehatan.

Di antaranya, cakupan program eliminasi TB, program imunisasi dasar lengkap (IDL) maupun kampanye imunisasi campak dan rubella, serta pencegahan stunting.

Termasuk juga kebijakan pemenuhan SDM Kesehatan guna mencapai standar ketersediaan tenaga kesehatan, cakupan pendataan PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga) serta penguatan program akreditasi Puskesmas dan RS se-Sulut.

Begitu pula sosialisasi penguatan sistem informasi kesehatan (SIK) terintegrasi menuju satu data, dan peningkatan kualitas pelayanan fasilitas kesehatan serta penguatan sistem rujukan pelayanan kesehatan.

“Diwujudkan melalui penandatanganan kerja sama antara Pemprov Sulut dengan PT Sarana Multi Infrastruktur dalam pembangunan RSUD Provinsi Sulut,” tandas Kalalo.

Dia pun berharap, forum rapat kerja ini akan menghasilkan berbagai langkah terobosan dan kesepakatan guna mengatasi berbagai permasalahan yabg ada secara intensif dan berkesinambungan.

Juga upaya-upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here