Panitia WMHD 2018 Skrining Kesehatan Mental 1000 Siswa se-Sulut

0
256
Sekretaris Panitia Hanna Monareh MPsi Psikolog memantau para siswa saat mengisi kuesioner.
MANADO-Panitia Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day (WMHD) 2018 menggelar skrining serentak deteksi kesehatan mental pada 1000 siswa-siswi di 15 kabupaten/kota se-Sulawesi Utara.
Menurut Ketua Panitia dr Lenny Liando SpKJ, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu mendeteksi masalah kesehatan mental pada remaja di tingkat SMA.
Ini sesuai tema dunia saat ini, ‘Generasi Muda Yang Bahagia, Tangguh dan Sehat Jiwa Menghadapi Perubahan Dunia’.

Skrinng-675x675

Sementara itu, Sekretaris Panitia Hanna Monareh MPsi Psikolog menjelaskan pihaknya membagi tim untuk skrining tersebut.
“Saya dengan tim melakukan skrining di SMA N 1 dan SMA N 3 Kota Kotamobagu, dilanjutkan di SMA N 1 Tutuyan dan SMA N 1 Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow,” sebut Hanna.
Respon positif diberikan pihak sekolah baik itu kepala sekolah maupun para siswa. Dan dalam pelaksanaan dibantu oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten/Kota setempat.
“Saat skrining, tim menggunakan Strength and Difficulties Questionaire (SDO),” imbuhnya.
Kegiatan ini kerja sama Dinkes Provinsi Sulawesi Utara, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) Cabang Manado, Ikatan Psikolog Klinis (IPK) – Indonesia Wilayah Sulawesi Utara, Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI) Sulawesi Utara.
Ditambahkan Hanna, kegiatan puncak nanti pada 10 Oktober 2018 di Mantos 3. Ada Konsultasi Gratis, Talk Show dengan topik yang berhubungan kesehatan mental remaja zaman now. Seperti bullying, adiksi internet, napza, depresi dan bunuh diri.
“Kegiatan ini gratis serta terbuka juga untuk umum. Dan akan dilanjutkan dengan lomba ‘Stand Up Education’ Kesehatan Mental Remaja,” pungkas Hanna.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here