Gubernur Gorontalo Irup HUT ke-73 TNI

0
109
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyalami para Veteran RI.

GORONTALO-Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjadi Inspektur Upacara HUT ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Markas Korem 133/Nani Wartabone, Jumat (5/10/2018).

HUT TNI di tahun ini secara umum dilaksanakan secara sederhana oleh seluruh jajaran. Pasalnya, bertepatan sepekan terjadinya musibah yang melanda wilayah Sulawesi Tengah. Walau begitu, tidak melupakan makna dan arti perjuangan dan sejarah TNI.

Gubernur Rusli pun mengaspresiasi peringatan HUT ke-73 TNI karena dilaksanakan sederhana dan penuh khidmat. Apalagi di tengah keprihatinan atas penderitaan saudara-saudara di Sulawesi Tengah.

Dalam upacara yang kali pertama diperingati Korem 133/Nani Wartabone, Letkol Inf Slamet Raharjo dipercayakan menjadi Komandan Upacara. Dan Perwira Upacara diembankan kepada Mayor Inf Samsudin Datukramat.

Danrem 133/Nani Wartabone didampingi istri memotong nasi tumpeng.
Danrem 133/Nani Wartabone didampingi istri memotong nasi tumpeng.

Selesai upacara, Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw membacakan amanat Panglima TNI.

Di dalamnya, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengajak seluruh prajurit TNI sejenak memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Kuasa, agar meringankan beban yang menimpa saudara-saudara kita di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong. Demikian pula beban yang masih diderita saudara-saudara kita di Lombok.

Semoga kekuatan dan ketabahan menyertai saudara-saudara kita dalam upaya memulihkan kembali kondisi sebagaimana sedia kala. Semoga pula apa yang telah kita lakukan bersama baik dalam bentuk bantuan secara fisik maupun dukungan doa, dapat meringankan musibah dan mempercepat upaya pemulihan tersebut.

TNI bersama-sama berbagai komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu membahu, kita berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita saudara-saudara kita.

Di mana TNI telah mengerahkan personel dan alutsista-nya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan, serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap.

Apa yang kita lakukan ini sebagian dari bentuk profesionalisme TNI. Karenanya sangat tepat apabila peringatan HUT ke-73 TNI tahun ini mengambil tema ‘Profesionslime TNI untuk Rakyat.

Tema singkat namun padat ini mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai pendidikan, latihan, persenjataan, alutsista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh negara, adalah semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia.

Panglima TNI dalam amanat tersebut memberikan 5 penekanan kepada seluruh prajurit TNI untuk dipedomani dan dilaksanakan.

Pertama, perkokoh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah. Karena hanya kepadaNya kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan.

Kedua, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat. Agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa.

Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme karena setiap saat tugas selalu menanti, menghadapi macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI.

Keempat, mantapkan netralitas TNI baik secara individu maupun satuan dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. Janganlah terpancing emosi dan upaya-upaya melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama pentahapan pemilu.

Kelima, jalanilah setiap tugas secara ikhlas karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini.

Pada acara tambahan, Kapolda dan Danrem 133/Nani Wartabone didaulat membagikan bingkisan kepada Veteran RI wilayah Gorontalo. Ada pula penghargaan kepada 3 pilar yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa di wilayah Kodim 1304/Gorontalo dan Kodim 1313/Pohuwato.

Pada bagian pemotongan tumpeng, Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw membagikannya kepada Yos Wartabone yang merupakan anak ke-9 dari Nani Wartabone.

Untuk kue ulang tahun oleh Kapolda Brigjen Pol Drs Rachmad Fudail MH diserahkan kepada Danrem 133/Nani Wartabone, Danlanal Gorontalo, Dansatradar Gorontalo, kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah.

(harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here