Terapkan Layanan Fokus Pasien, RSUP Kandou Latih Ketrampilan Klinik Perawat

0
266

MANADO — Workshop ketrampilan klinik keperawatan bertajuk ‘Pemantauan Hemodinamik dan Non Invasif’ digelar RSUP Prof Kandou, 2-4 Oktober 2018. Untuk gelombang pertama diikuti 40 perawat.

IMG-20181002-WA0009-700x466

Pelaksana Harian Direktur Utama Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD mengatakan, workshop ini bertujuan agar tercapai pelayanan yang berfokus pada pasien (Patient Center Care).

IMG-20181002-WA0010-800x383

Karena itu, asuhan yang diberikan haruslah asuhan yang terintegrasi. Di mana semua profesional pemberi asuhan haruslah berkolaborasi dalam menjalankan asuhan.

Agar asuhan terintegrasi dapat terlaksana dengan maksimal maka diperlukan kompetensi khusus. Yaitu kompetensi intra dan interprofesional pemberi asuhan.

Panelewen yang juga Direktur SDM dan Pendidikan ini mengharapkan, semua peserta harus mengikuti dengan baik setiap materi yang diberikan para narasumber. “Agar memiliki ketrampilan yang diakui secara formal,” sebut Panelewen didampingi Kepala Instalasi Diklat Dra Sisca Hutadjulu MSi.

Ditambahkan Direktur Medik dan Keperawatan dr Celestinus Munthe SpKJ MKes, keselamatan pasien baru dapat dijamin atau diyakini tercapai, apabila RS merubah paradigma pelayanan yang lama. Karena hanya berorientasi pada penyakit. Sedangkan paradigma baru berfokus pada pasien atau Patient Center Care.

Workshop yang dilaksanakan dalam tiga gelombang ini, sambungnya, bertujuan meningkatkan kemampuan klinik perawat pelaksana. Dalam melaksanakan praktek keperawatan di ruangan rawat inap, meningkatkan wawasan perawat dalam pemantauan hemodinamik, serta terciptanya budaya pembelajaran dalam lingkup keperawatan.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here