Tim Tanggap Darurat RSUP Kandou Deteksi Kebutuhan Penanggulangan Krisis Kesehatan Pasca Bencana Sulteng

0
163
Plh Dirut Dr Khalid Saleh (tengah) memimpin rapat persiapan keberangkatan tim di ruang kerjanya, Sabtu pagi.
MANADO-RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado memberangkatkan Tim Tanggap Darurat ke lokasi bencana di Sulawesi Tengah.
Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Dr dr Khalid Saleh SpPD KKV Finasim MARS menjelaskan, setelah mendapat informasi terjadi bencana gempa bumi di Sulawesi Tengah dan sekitarnya, pihaknya langsung menyiapkan tim pada Jumat (28/9/2018) malam.

IMG_20180929_135149-684x456

Rancangan tim disusun oleh Plh Dirut Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD, Direktur Medik dan Keperawatan dr Celestinus Eigya Munthe SpKJ MKes, Direktur Keuangan dan Administrasi Umum Dewi Anggraini SE MM, Kepala Bidang Pelayanan Medik dr Hanry Takasenseran, Kepala Bidang Keperawatan Ns Suwandi Luneto SKep MKes, dan Plt Kasubag Hukormas John Robert Tuwaidan ST MSi.
“Ketika bencana terjadi, saya sementara berada di Kota Manado tepatnya di RSUP Prof Kandou. Karena itu bersama jajaran direksi langsung mengerahkan Tim Reaksi Cepat RSUP Prof Kandou dan RSUP Dr Wahidin Sudiro Husodo Makassar,” ujar Saleh yang juga Dirut RSUP Dr Wahidin Sudiro Husodo Makassar tersebut, saat pemberangkatan tim RSUP Prof Kandou, Sabtu (29/9/2018) pagi.
Tim Reaksi Cepat yang diberangkatkan, sebut Saleh, akan membantu memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di lokasi bencana.
IMG_20180929_135338-684x513
Sementara itu, Koordinator Tim Tanggap Darurat dr Celestinus Eigya Munthe SpKJ MKes mengatakan, tim berkekuatan 7 orang. Terdiri dari 2 dokter, 3 perawat bedah, dan 2 penata anastesi.
Lanjut Munthe, tim ini merupakan pendahuluan untuk menghitung kebutuhan penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana.
Mereka akan bertugas selama seminggu. Yakni 29 September hingga 5 Oktober 2018. Dan membawa obat-obatan serta peralatan emergency yang dibutuhkan, termasuk implan bagi korban patah tulang.
“Nantinya akan disusul tim lanjutan yang akan membawa peralatan lebih lengkap dan terukur,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here